Sabhara Polres Aceh Timur Jalankan Program Quick Wins

Tribratanewsaceh.com – Satuan Sabhara melakukan terobosan terbaru yaitu dengan menjalankan dua program Quick Wins, yaitu Pembinaan terhadap radikalisme dan anti Pancasila serta Pembinaan dan penegakan hukum terhadap premanisme.

 

1Kasat Sabhara Polres Aceh Timur AKP Didik Suratno, Selasa (28/01) mengatakan,“untuk program pembinaan terhadap radikalisme dan anti Pancasila ini, anggota Satuan Sabhara Polres Aceh Timur melakukan patroli rutin ke tempat-tempat yang berkaitan dengan bidang keagamaan, seperti tempat pendidikan (MIN, MTS, MAN, Dayah) dan intansi-intansi pemerintah yang berhubungan dengan kegiatan sosial dan keagamaan.” Selain menjajalankan tugas menjaga Harkamtibmas, anggota Satuan Sabhara Polres Aceh Timur yang melakukan giat sekaligus melakukan patroli di tempat tersebut, salah satu contoh diantaranya, memberikan semacam angket atau pertanyaan seputar pemahaman Pancasila dan ancaman ajaran sesat. anggota mengetahui sejauh mana pengetahuan masyarakat terhadap ajaran atau aliran sesat yang belakangan ini semakin marak berkembang. Dengan ada kegiatan tersebut polisi bersama masyarakat secara bersama-sama mencegah atau menangkal munculnya setiap gangguan kamtibmas dan paham radikalisme.

Untuk program pembinaan dan penegakan hukum terhadap premanisme, sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, Satuan Sabhara mempunyai tugas memberikan Perlindungan, Pengayoman dan Pelayanan Masyarakat mencegah dan menangkal segala bentuk gangguan kamtibmas, baik berupa kejahatan maupun Pelanggaran serta gangguaan keterertiban lainnya. melakukan tindakan Represif tahapan awal (Repawal) terhadap semua bentuk ganguan Kamtibmas lainnya guna memelihara keamanan dan Ketertiban Masyarakat, melindungi keselamatan orang, harta benda dan masyarakat melakuan tindakan Reperesif terbatas (Tipiring dan Penegakan Perda) Pemberdayaan Dukungan Satwa dalam tugas Oprasional Polri dan Melaksanakan SAR terbatas.

 

2Sedangkan fungsi Sabhara merupakan sebagian fungsi Kepolisian yang bersifat preventif yang merupakan keahlian dan keterampilan khusus yang telah dikembangkan lagi mengingat masing-masing tugas yang tergabung dalam fungsi Samapta perlu menyesuaikan dengan tuntutan perkembangan masyarakat.

 

“Kami selalu menekankan kepada anggota Satuan Sabhara, menjadi seorang polisi tidak boleh takut dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Polisi di lapangan harus tetap memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat namun tetap meningkatkan kewaspadaan dan menjaga etika yang sopan santun.” Pungkas Kasat Sabhara Polres Aceh Timur AKP Didik Suratno.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *