Empat Nelayan Warga Negara Thailand Diamankan Polisi

tribratanewsaceh.com – Polisi Perairan Baharkam Mabes Polri bersama Satuan Polisi Air Polres Langsa telah mengamankan satu unit Kapal ikan PKFB 1035 di kawasan perairan Langsa, Selasa (16/02/16).

Penangkapan kapal ikan milik Nelayan Thailand ini berawal dari informasi masyarakat pada Senin (15/2) sekitar pukul 17.00 WIB yakni adanya kapal asing melakukan penangkapan atau pencurian ikan di perairan Langsa.

KPL (3)Mendapatkan informasi itu, AKP Kasnap, SE melakukan koordinasi dengan Kapten Kapal Lory 3018 Iptu Antonius dari Baharkam Mabes Polri, Sekitar pukul 21.00 WIB Satuan Pol Air Polres Langsa bersama Pol Air Baharkam berangkat menuju ke lokasi dengan menggunakan kapal lory 3018.

Setelah dilakukan pengintaian ternyata informasi itu benar dan pada Selasa (16/2) sekitar pukul 02.00 WIB Polisi langsung menangkap satu unit kapal asing PKFB 1035 yang sedang melakukan pencurian ikan di perairan Langsa pada koordinat 04,46,167 lintang utara – 98,21, 850 barat timur yang di nahkodai Mr. Chayut Phonsri bersama tiga anak buah kapal (ABK).

KPL (10)Ketiga ABK ini adalah Seeta Janongwa (38), Peeh Chumsri (52) dan Suraphoon Cendu (37), Ketiganya warga Negara Thailand. Kapal bersama ABK ini dibawa ke pelabuhan Kuala Langsa untuk diamankan berikut barang bukti 27 tong berisikan ikan lebih kurang sebanyak dua Ton.

Dari hasil Penggeledahan, Kapal tersebut berasal dari Malaysia sehingga Patut diduga Melanggar Pasal 85/93 ayat 2 dan 4 UU NO 45 TH 2009 dan Kasus tersebut akan dilimpahkan ke Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Kabupaten Idi untuk Penyidikan lebih lanjut Melalui Sat Polair Polres Langsa, sedangkan Untuk Penindakan Peledakan Kapalnya Menunggu Putusan Pengadilan Yg sudah memiliki Kekuatan Hukum.

Kapolda Aceh Irjen Pol Drs. M.Husein Hamidi Memberikan Apresiasi kepada Perwira Muda Komandan Kapal Dit Pol Air Baharkam Polri Iptu Antonius Trias yang berhasil Memimpin Penangkapan Kapal dan ABK nya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *