Brata Tani, Kelompok Tani Binaan Polsek Serbajadi Polres Aceh Timur

100_1363Tribratanewsaceh.comKepolisian Resor Aceh Timur beserta Polsek jajaranya terus berinovasi dan melakukan terobosan sebagai bentuk perwujudan Revolusi mental sekaligus sebagai bentuk Polri dalam melindungi, mengayomi dan melayani kepada masyarakat. Seperti halnya dengan Polsek Serbajadi, baru-baru ini membentuk kelompok tani dengan nama “Brata Tani.”

Kelompok tani di bawah binaan Bhabinkamtibmas Polsek Serbajadi yang beranggotakan 20 orang tersebut belum lama ini memperoleh bantuan bibit jagung Hybrida dan pupuk untuk lahan seluas 20 hektar dari Polsek Serbajadi.

Kapolsek Serbajadi Iptu Tonny Irwan Sinaga, Sabtu (20/02) mengatakan, program ini merupakan intruksi dari Kapolres Aceh Timur, agar kami selaku Polsek jajaran diminta aktif turun ke tengah masyarakat untuk mendengar aspirasi masyarakat sekaligus mencari jalan keluar.

Masyarakat di Kecamatan Peunaron dan Serbajadi sangat antusias  dan menyambut baik kehadiran anggota Bhabinkamtibmas kami yang sering hadir ditengah-tengah mereka. Dari cerita dan keluh kesah masyarakat tersebut, maka kami bersama anggota yang lain sepakat membentuk satu kelompok tani yang akan kami bina dalam pengerjaan lahan mereka.

Saat ini baru satu kelompok tani yang kami bentuk dan sudah terdaftar pada Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Timur. Tidak menutup kemungkinan ke depan akan muncul Tribrata Tani berikutnya yang akan kami bina di dua kecamatan yakni Peunaron dan Serbajadi. Terang Kapolsek Serbajadi Iptu Tonny Irwan Sinaga.

Sementara itu Kapolres Aceh Timur AKBP Hendri Budiman, SH, SIK, MH mengatakan, saya selaku pimpinan Polres Aceh Timur, sangat mengapresiasi langkah Polsek Peunaron dengan ikut peduli kepada kalangan petani.

Polres Aceh Timur  bertekad untuk mendukung dan mewujudkan apa yang menjadi program Pemerintah Kabupaten Aceh Timur utamanya di bidang pertanian, Polri khususnya Polres Aceh Timur akan menggandeng kelompok tani-kelompok tani untuk menindaklanjuti program tersebut. Program tersebut  maksud tujuannya berkaitan erat dengan keamanan dan ketertiban di masyarakat, Polisi memiliki tanggungjawab untuk mengendalikan Kamtibmas, dengan menekan angka pengangguran diharapkan Kamtibmas dapat terjaga. Terang Kapolres.

Masih menurut Kapolres, dengan sistem pendampingan dan binaan BhabinKamtibmas, dipastikan hasilnya akan memuaskan. Setidaknya, bagi para petani mitra akan bertambah wawasannya dalam pengelolaan sistem pertanian. Sistem dan pola tanam yang diterapkan mulai awal hingga panen bila didampingi oleh petugas terkait akan beda hasilnya dibandingkan dengan pola tanam secara umum tanpa pendampingan.

“Diharapkan dari kegiatan itu selain memberikan motifasi dan semangat para kelompok tani dan para petani, kegiatan ini merupakan bentuk nyata Polri dalam melaksanakan pendampingan pertanian untuk meningkatkan swasembada pangan khususnya di Kabupaten Aceh Timur.” Pungkas Kapolres Aceh Timur AKBP Hendri Budiman SH, SIK, MH. (Tribratanewsacehtimur)Muhammad Iqbal.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *