Propam Mabes Polri Tes Urine Mendadak Personil Polresta Banda Aceh

tribratanewsaceh.com –  Sebanyak 120 personil kepolisian kota Banda Aceh secara acak di cek kelengkapan administrasi KTP, KTA, SIM, dan sikap tampang serta menjalani tes urine yang digelar Markas Besar Kepolisian (Mabes Polri) di Mapolresta setempat, Selasa  pagi. Tes urine bertujuan mencegah penyalahgunaan obat-obat terlarang dikalangan kepolisian khusunya Polda Aceh.

“Ini merupakan upaya pencegahan jadi kami datang langsung dari Mabes Polri, untuk mengecek langsung kepada personil polisi khususnya Polda dan Polresta Banda Aceh,”kata Kepala Bagian Penegakkan Ketertiban dan Disiplin Biro Provost Propam Mabes Polri, Kombes Drs Suherman, didamping Wakapolresta Banda Aceh, AKBP Sugeng Hadi S, Selasa (26/7).9-3

Kapolresta Banda Aceh Kombes Saladin SH juga mengatakan bahwa Ia sangat anti dengan penyalaguna narkoba, terlebih anggotanya sendiri.

“Kita tegas bila ada anggota yang gunakan narkoba, selain merusak juga menghacurkan masa depanya,” Kombes Saladin.

Tak hanya di tingkata bintara, tes urine juga diikuti perwira atau pejabat utama. Mereka yang postif terlibat penyalahgunaan narkotika akan dikenakan sangsi berat bahkan hingga pemecatan.

“Kami berkomitmen untuk memerangi narkotika, jadi bila ada yang terbukti tetap kita proses. Sangsinya bahkan sampai pemecatan,”kata Suherman.

Menurut Suherman personil yang dinyatakan positif menggunakan narkotika akan diserahkan ke wilayah masing-masing sedang untuk pejabat utama akan menjalani pemeriksaan di Mabes Polri. Selain Polresta, tes yang sama juga dilakukan tim Mabes Polri yang terdiri dari Divpropamdan dan Pusdokkes.

“Ini rutin dilakukan dan bulan ini kami melakukan di Polresta dan Polda Aceh. Bukan hanya tes urine, Tim Mabes Polri juga mengecek kelengkapan surat-surat personil polresta seperti Kartu Tanda Anggota (KTA), Izin senjata Api, dan surat izin mengemudi dan kendaraan.

Pantuan Tribrata, meski digelar sejak pagi, tim Mabes Polri dipimpin Kombes Drs Suherman, tidak menemukan personil yang dinyatakan postif menggunakan narkotika. Umumnya mereka hanya tidak melengkapi surat menyurat dan beberapa diantarannya telah habis masa berlakunnya.

Proses pemeriksaan yang digelar Tim Propam Mabes Polri tersebut turut didampingi Wakapolresta Banda Aceh AKBP Sugeng Hadi. Selain Mabes Polri, pemeriksaan turut melibatkan Personil Propam Polda Aceh.

“Kita bangga dengan anggota, meski di periksa secara acak tidak satupun yang positif narkoba, mudah-mudahan ini terus kita pertahankan,” Kata AKBP Sugeng. (Ter/San)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *