Waka Polda Aceh Hadiri Sosialisasi Perpres No 125 Tahun 2016 Tentang Penanganan Pengungsi Luar Negeri

Tribratanewsaceh.com – Banda Aceh, Dalam rangka menanggapi marak nya pengungsi luar negeri yang masuk ke wilayah Indonesia melalui jalur perairan, khusus nya wilayah Aceh, sehingga diperlukan ada nya perhatian serta penanganan tindak lanjut terhadap para pengungsi luar negeri, dan para pencari suaka tersebut. Melalui pemantapan koordinasi dan sosialisasi Perpres no. 125 tahun 2016, tentang penanganan pengungsi dari luar negeri, yang digelar di ballroom Grand Nanggroe Hotel, Selasa (14/03/2017).

Menurut Brigjen Pol Drs. Chairul Anwar SH. MH, selaku Asdep 3 Deputi V Kemenpolhukam, masuk nya para pengungsi luar negeri dan para pencari suaka ini memang harus dapat ditangani secara serius seperti yang pernah dilakukan oleh rakyat Aceh dan mendapat apresiasi yang sangat baik dari dunia Internasional atas peran serta masyarakat Aceh dalam menangani masuk nya pengungsi tersebut dan tanpa ada nya tindak kekerasan, atau diskriminasi.

Akan tetapi hadir nya para pengungsi luar negeri tidak bisa ditolerir begitu saja karena dapat memicu gejolak sosial dikemudian hari, sehingga dikhawatirkan akan berdampak negatif terhadap berbagai aspek roda kehidupan masyarakat dan pemerintahan aceh kedepan.

“Masuknya para pencari suaka atau pengungsi imigran gelap dari luar negeri ke Indonesia seperti yang pernah terjadi di perairan Aceh beberapa waktu lalu, harus dapat disikapi secara tepat, maka oleh sebab itu kita perlu bersinergi dengan segenap instansi dalam menyikapinya,” ungkap Chairul.

Sehingga dengan digelar nya kegiatan pemantapan koordinasi dan sosialisasi Perpres No. 125 tahun 2016 ini diharapkan kedepan agar indonesia dapat bertindak secara tegas untuk tidak menampung lagi hadirnya para imigran gelap ini dengan cara yang baik dan mengedepankan unsur-unsur kemanusiaan dan HAM. Maka oleh sebab itu perlu nya kerjasama yang kongkret dengan berbagai instansi terkait seperti Kemdagri, Kementrian luar negeri, Kemenko Polhukak, Basarnas, Polri, Imigrasi dan sebagainya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Waka Polda Aceh, Kajati, para perwira TNI, pejabat Imigrasi, Para pejabat Kemenkumham, dan beberapa Kapolres diantaranya Kapolres Langsa, Kapolres Aceh Timur, Kapolres Aceh Timur, Kapolres Lhokseumawe dan Kapolresta Banda Aceh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *