Kapolda Aceh Buka Lat Pra Ops Cendikia Rencong 2017

tribratanewsaceh.com – Kapolda Aceh Irjen Pol Drs. Rio S Djambak didampingi Wakapolda Aceh Brigjen Pol Drs. Bambang Soetjahjo Msi serta Irwasda Polda Aceh Drs. Darmawan Sutawijaya, S.I.,M.Hum membuka Pelatihan Praoperasi “Cendikia Rencong-2017” di Aula Cut Mutia Lamteumen, Banda Aceh, Kamis (30/03/17) pagi.

Kapolda Aceh dalam amanatnya mengatakan, Kita ketahui bersama bahwa tanggal 3 April sampai dengan 20 Mei mendatang, Satuan Pendidikan Menengah akan melaksanakan agenda rutin kegiatan Ujian Nasional yang diselenggarakan secara serentak diseluruh Indonesia diawali dari tingkat SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) yang akan dilaksanakan tanggal 3 sampai dengan 6 April 2017.

“Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Nasional Provinsi Aceh, untuk tahun 2014 tercatat persentase kelulusan Siswa SMA sederajat di Aceh sebesar 98,62 % atau 56.192 orang dan tidak lulus 785 orang atau 1,38 %.  Apabila dirata-rata Nasional, maka Provinsi Aceh menduduki peringkat kedelapan ketidaklulusan Siswa SMA, sedangkan untuk tingkat kelulusan peserta Ujian Nasional tahun 2015 dan 2016, oleh Provinsi Aceh sudah tidak dilakukan pendataan lagi karena ujian Nasional sudah bukan menjadi standar ukuran kelulusan peserta didik melainkan sepenuhnya menjadi tanggung jawab sekolah dimana nilai ujian Nasional sudah di konversi dengan nilai ujian akhir semester yang dikeluarkan oleh pihak sekolah masing-masing,”ujar Rio.

Polri juga telah ikut berpartisipasi dalam mendukung keberhasilan pelaksanaan ujian Nasional, berupa pengamanan pencetakan Naskah Ujian Nasional, pengamanan tempat penyimpanan Naskah Ujian Nasional, pengawalan pendistribusian Naskah Ujian Nasional, pengamanan secara tertutup saat pelaksanaan ujian dan pengamanan penggandaan Naskah Ujian Nasional.

kita juga harus mampu menyelesaikan permasalahan yang terjadi khususnya masalah pendistribusian dokumen bagi sekolah yang masih menerapkan ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP), dan koordinasi dengan PT. PLN sebagai penyedia arus listrik dan PT. Telkom sebagai penyedia jaringan internet untuk Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), pengecekan ruang komputer tempat dilaksanakannya UNBK.

“Untuk itu agar satuan kewilayahan melakukan kerjasama, komunikasi dan koordinasi yang baik dengan dinas pendidikan setempat, sehingga pelaksanaannya dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancer,”pungkas Jendral Bintang Dua.

Turut hadir para Pejabat Utama Polda Aceh, Kabag Ops dan Kasat Intel Polres Jajaran Polda Aceh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *