Antisipasi Bencana Banjir, Sat Sabhara Polres Aceh Timur Latihan SAR Terbatas

tribratanewsaceh.com – Antisipasi bencana banjir yang terjadi di musim penghujan, anggota Satuan Sabhara Polres Aceh Timur menggelar latihan SAR (Search And Rescue) terbatas di danau buatan Pusat Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur, Sabtu (14/12/2019). Latihan tesebut dipimpin langsung oleh Kasat Sabhara Polres Aceh Timur, AKP Marzuki dan KBO Sabhara Iptu Jusman dengan Instruktur Kanit Pam Obvit Ipda Ade Candra.

Dalam kegiatan tersebut dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan pukul 11.30 WIB ini diawali dengan apel pagi dahulu guna mengecek anggota siapa saja yang akan mengikuti pelatihan SAR dan kemungkinan akan di laksanakannya Latihan SAR terbatas.

Sesampainya di lokasi latihan, anggota Sat Sabhara Polres Aceh Timur yang mengikuti latihan SAR terbatas sebanyak 20 personel ini melakukan persiapan dan menerima materi dari Ipda Ade Candra sebelum melakukan latihan. Adapun materi yang disampaikan yaitu, cara pemakaian helm dan rompi pelampung, cara memberikan pertolongan pertama korban tenggelam, cara memegang dalam penyelamatan korban tenggelam, cara membawa korban tenggelam di air, cara naik perahu kayak dan canoe di air dan cara menggunakan perahu.

Kasat Sabhara Polres Aceh Timur AKP Marzuki mengatakan, anggota kami yang dilibatkan dalam tim SAR ini akan dilatih kemampuannya, baik dalam proses pencarian maupun evakuasi korban.

Dijelaskanya dengan sering berlatih SAR secara berkelanjutan, akan dapat menambah kemampuan anggota menjadi lebih profesional dan menambah motivasi tersendiri bagi para anggota.

Dalam latihan SAR ini peserta mendapat sejumlah materi antara lain, cara menggunakan perahu karet, pencarian korban dengan berenang, dan cara menangani korban tenggelam.

“Kami berpesan kepada mereka (peserta latihan) untuk memperhatikan di masing-masing materi, sebab itu sangat penting, baik untuk diri sendiri maupun saat melasanakan tugas,”

“Dengan pelatihan SAR ini tugas Kepolisian khususnya anggota Sabhara Polres Aceh Timur tidak hanya menjaga kamtibmas semata, namun juga sigap tanggap bencana.” Sambung Kasat Sabhara.

Pihaknya juga berharap, dengan pelatihan ini para anggota bisa paham akan safety dalam melakukan tugas dan bisa menjalankan tugas dengan baik.

“Jangan sampai nantinya anggota kami jadi korban dalam upaya penanggulangan bencana alam, karena kurangnya materi pelatihan SAR.” Jelas Kasat Sabhara Polres Aceh Timur AKP Marzuki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *