Aryos: Rio S Djambak Pilihan Tepat

aryos-300x160-e1446132691659

Aryos Nivada (Pengamat Politik dan Keamanan Aceh)

Pengamat Politik dan Keamanaan Aceh, Aryos Nivada, menilai pemilihan Brigjen Pol Rio Septianda Djambak sebagai Kapolda Aceh yang baru menggantikan Irjen Husein Hamidi sebagai langkah yang tepat.

“Rio S Djambak sudah paham betul dinamika politik, keamanan, dan sosial budaya di Aceh lantaran ia pernah menjabat menjadi Wakapolda Aceh,” tutur Aryos Nivada melalui sambungan telepon, Sabtu, 17 September 2016.

Menurut Aryos, Rio S Djambak dikenal mempunyai integritas yang baik serta memiliki sifat tegas. Sikap ini dinilai penting apalagi Aceh akan menyelenggarakan pilkada serentak.

“Potensi konflik di tahun 2017 riak-riaknya sudah mulai muncul. Salah satunya pengrusakan baliho, intimidasi, dan pemukulan juga sudah mulai terjadi.”

Aryos menjelaskan, jika berkaca dari pengalaman sebelumnya, potensi kekerasan yang berkaitan dengan pilkada rentan terjadi. Ia mengatakan pada 2006 misalnya, data yang dirilis Habibi Centre mencatat ada 15 kasus kekerasan yang berkaitan dengan pilkada. Jumlah ini meningkat hingga 40 kasus pada pilkada 2012 menurut catatan Aceh Institute.

“Saya yakin Rio S Djambak mampu meminimalisir potensi ganguan pilkada, sehingga jaminan keamanan guna menyukseskan Pilkada di Aceh akan tercapai,” kata Aryos

“Terpilihnya Rio S Djambak menjadi Kapolda Aceh dan Bambang Soetjahyo menjadi Wakapolda Aceh diharapkan dapat menekan potensi kriminalitas bernuasa politik maupun kriminalitas murni,” tutup Aryos Nivada.

Seperti diberitakan sebelumnya, Brigjen Pol Rio S Djambak terpilih menjadi Kapolda Aceh yang baru. Pemilihan ini terungkap melalui telegram Kapolri bertanggal 16 September 2016. Meski tak menyebut tanggal serah terima jabatan, telegram ini menyatakan bahwa pejabat yang baru akan melaksanakan tugas paling lambat 14 hari setelah tanggal penetapan. [klikkabar.com]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *