Bhabinkamtibmas dan Babinsa Kompak Himbau Warga Tertibkan Ternak

tribratanewsaceh.com – Bhabinkamtibmas Brigadir Aries Ilhmasyah dan Babinsa Serda Sukirno, menghadiri kegiatan rapat terbatas bersama masyarakat desa Binaan Meunasah Asan Kecamatan Simpang Mamplam Kabupaten Bireuen, Rabu (4/3).

Acara tersebut digelar di Meunasah yang dihadiri oleh Perangkat Desa dan Masyarakat desa setempat.

Rapat tersebut membahas tentang Qanun Imum Mukim Tambu tentang penertiban hewan ternak yang berkeliaran sehingga mengganggu ketertiban umum dan meresahkan masyarakat.

Penertiban hewan ternak tersebut dimaksud untuk ketentraman, ketertiban, kebersihan jalan umum, pekarangan rumah, tempat ibadah, fasilitas pendidikan dan fasilitas lainnya sehingga terwujudnya keindahan dan kenyamanan.

Setiap pemilik hewan ternak wajib menjaga dan memiliki kandang, jika kandang dekat dengan pemukiman, maka harus memiliki ijin dari tetangga.

Menyikapi hal tersebut Brigadir Aries Ilhamsyah yang didampingi Serda Sukirno menghimbau kepada masyarakat desa meunasah asan yang memiliki hewan ternak untuk mengikuti dan memahami aturan – aturan yang diberlakukan dalam qanun yang telah dibuat.

Dalam Qanun tersebut disebutkan bahwa jika ada hewan ternak seperti sapi, kerbau dan kuda berkeliaran ditempat-tempat umum maka akan dikenakan denda sebesar Rp 150.000 dan Rp 50.000 untuk kambing dan biri–biri.

“Qanun yang telah dibuat pada dasarnya untuk menciptakan kenyamanan dan ketertiban dalam wilayah pemukiman tambu khususnya desa meunasah asan, terkait dengan pemeliharaan hewan ternak, saya selaku Bhabinkamtibmas didesa ini, saya berharap bapak-bapak semua dapat mengikuti aturan yang telah diberlakukan karena semua itu untuk kebaikan kita semua” ucap Brigadir Aries.

Bripka Aries berharap, dengan adanya Qanun tersebut akan membawa dampak yang positif bagi masyarakat, sehingga tidak lagi terjadi permasalahan antara pemilik hewan ternak dan pemilik kebun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *