Cegah Ancaman Malware Ransomware WannaCry Dengan Cara Ini

Tampilan layar komputer yang terinfeksi Ransomware WannaCry.

Tribratanewsaceh.com – Indonesia beberapa hari terakhir ini dikejutkan dengan berita media baik dalam maupun luar negeri tentang fenomena serangan cyber di beberapa negara, dan saat ini serangan cyber itu telah masuk ke Indonesia. Serangan ini bernama ransomware WannaCry, sifatnya masif dan dapat melumpuhkan data-data penting yang ada di dalam komputer.

Serangan ransomware WannaCry ini telah melumpuhkan server beberapa rumah sakit di Jakarta. Sehingga menyebabkan kegiatan medis terhambat disebabkan data pasien yang tersimpan dalam komputer tak bisa diakses.

Dalam siaran pers Kementerian Komunikasi dan Informatika dijelaskan bahwa Ransomware adalah sebuah jenis malicious software atau malware yang menyerang komputer korban dengan cara mengunci komputer korban dan meng-enkripsi semua file yang terdapat dalam media penyimpanan komputer (harddisk) sehingga tidak bisa diakses.

Ransomware WannaCry ini mengincar komputer berbasis operasi sistem Windows yang memiliki kelemahan terkait fungsi SMB (Server Message Block) yang dioperasikan dalam komputer tersebut.

Maka untuk keamanan pengguna Komputer di Indonesia, Kemenkominfo menyarankan agar individu, perusahaan, lembaga dan organisasi lainnya untuk melakukan pencegahan dari serangan malware WannaCry tersebut.

Pemerintah melalui Kemenkominfo telah merumuskan langkah-langkah penting untuk dilakukan dalam mencegah infeksi ransomware WannaCry. Hari Senin besok saat memulai aktivitas kantor lakukan hal-hal berikut ini:

1. Sebelum hidupkan komputer atau server, matikan terlebih dahulu koneksi Hotspot/Wifi dan cabut kabel LAN/Internet.

2. Setelah itu, hidupkan komputer atau server, kemudian data yang tersimpan dalam komputer pindahkan (backup) ke media penyimpanan terpisah (hard disk external) atau simpan di komputer yang berbasis non Windows (Linux, Mac).

3. Update security pada windows dengan memasang patch MS17-010 yang bisa anda dapatkan pada link ini. Jika anda OS (operasi sistem) masih windows XP disarankan diganti ke versi OS terbaru yang mendapat dukungan patch sekuriti dari Microsoft.

3. Update antivirus, contoh: Kapersky Total Security, Eset, Panda, Symantec dan Avira.

4. Non aktifkan fungsi SMB (Server Message Block) dan  jangan mengaktifkan fungsi macros

5. Block  Ports : 139/445 & 3389

Lalu apa yang bisa dilakukan jika terlanjur terinfeksi ransomware WannaCry? Untuk saat ini belum ada solusi tepat dan jitu untuk mengembalikan file-file yang sudah terinfeksi WannaCry. Solusi sementara memutuskan sambungan Internet atau LAN agar virus ini tidak menyebar ke komputer lain atau ke sistem aplikasi yang vulnerable.[mkn]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *