Cegah Karhutla di Wilayahnya, Polres Aceh Tengah Pasang Spanduk Himbauan

tribratanewsaceh.com – Kapolres Aceh tengah AKBP Hairajadi, S.H. memerintahkan melalui jajaran Polseknya untuk memasang spanduk yang berisikan larangan membakar hutan dan lahan perkebunan dengan harapan agar masyarakat dijajaran wilayah hukum Polres Aceh Tengah mengetahui secara jelas bahaya membakar hutan dan lahan perkebunan serta dampak yang diakibatkan.

Apalagi banyaknya Sederetan Undang-undang yang mengatur tentang Ancaman dari membakar Hutan dan lahan seperti pada UU Nomor 32 tahun 2009 pada Pasal 108 , Seorang yang dengan sengaja membuka lahan dengan cara dibakar, dikenakan sanksi 3 tahun dan makimal 10 tahun penjara serta denda 10 Milyar Rupiah.

Minimnya kesadaran hukum masyarakat tentang hukum yang mengatur larangan membakar hutan dan lahan, MUI mengeluarkan fatwa yang mengharamkan perbuatan tersebut.
Sebelum tindakan Hukum (law enforcement) dilakukan perlu adanya penerangan hukum kepada masyarakat di antaranya melalui spanduk dan juga brosur yang diberikan kepada masyarakat,
Ungkap Kapolres.

Hal ini juga ditindaklanjuti oleh Kapolsek Kota Takengon AKP Darmawi Hasibuan, memasang Himbauan melalui spanduk dan ditancapkan di seputaran hutan kawasan Danau Lut Tawar Kecamatan Kota Kebayakan Aceh Tengah, begitu juga dengan Kapolsek Lut tawar Iptu Syamsul, memasang spanduk dengan himbauan yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *