Dit Reskrimsus Polda Aceh bersama Bulog Aceh Cek Stok Beras di Siron.

tribratanewsaceh.com – Dalam rangka menjaga stabilitas harga pangan, khususnya beras, Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Aceh bersama Bulog Aceh melakukan rapat koordinasi, Kamis (28/12/2017) siang. 

Direktur Dit Reskrimsus Polda Aceh, Kombes Pol Erwin Zadma selaku Kepala Satuan Petugas Daerah (Kasatgasda) Pangan Aceh mengatakan, rapat koordinasi ini dilakukan untuk mengetahui ketahanan stok beras di Aceh.

Kemudian, pihaknya juga melakukan pengecekan langsung ke Gudang Bulog (GSP Siron) yang berada di kawasan Siron, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar dan kilang padi yang menjadi mitra Bulog Aceh.

“Berdasarkan hasil pengecekan di lapangan, stok beras untuk provinsi Aceh, khususnya beras medium, masih cukup aman,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Ia menjelaskan, stok beras ini aman hingga lima atau enam bulan kedepan, sehingga tidak ada alasan terjadinya kenaikan harga beras medium di pasaran, karena operasi pasar khususnya beras yang dilakukan Bulog Divre Aceh mencapai 15 ribu ton hingga akhir Januari 2018 mendatang.

“Operasi pangan ini sudah dilakukan sejak seminggu belakangan, untuk di Aceh sendiri ada tiga tempat yakni di Banda Aceh, Lhokseumawe dan Meulaboh. Di sejumlah tempat lainnya juga diadakan pasar murah untuk mengimbangi ketersediaan pangan, khususnya beras yang ada di Aceh ini,” katanya.

Untuk di Banda Aceh sendiri, menurutnya, ketersediaan beras dan pangan lainnya masih stabil. Sekitar tiga hari lalu, di Lhokseumawe mengalami kenaikan sedikit harga pangan yakni daging karena berkenaan dengan penyelenggaraan Maulid Nabi, akan tetapi saat ini sudah kembali normal.

“Terkait kenaikan Elpiji yang beberapa waktu lalu sempat terjadi, saat ini masih dalam proses penindakan dan masih dalam penanganan,” ungkapnya saat ditanya masalah kenaikan gas elpiji tiga kilogram.

Terkait masalah distribusi, sambungnya, pihaknya juga telah menguntruksikan ke polres/Polresta jajaran polda Aceh untuk memonitor dan meyakinkan bahwa distribusi pangan seperti beras dan lainnya sampai ke tujuan atau tepat sasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *