Hidup Nikmat Tanpa Narkoba

stopnarkobaTribratanewsaceh.com- Setiap manusia pasti menginginkan hidup nyaman dan bahagia dari mulai usia muda sampai tutup usia. Kebahagian yang sebenarnya menjadi dambaan semua orang. Namun seseorang acap kali salah memilih jalan untuk menemukan kebahagiaan yang hakiki tersebut.

Banya orang beranggapan bahwa kebahagian yang sesungguhnya hanya di dunia saja, setelah mati ya sudah, tidak ada pertanggungjawaban lagi. Padahal, kebahagian yang sebenarnya tidak selalu identik dengan kesenangan secara duniawi dengan bergelimang harta dan jabatan.

Banyak ayat Alquran menjelaskan tentang hal ini, Allah SWT berfirman dalam Alquran:
“Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.” Allah juga berfirman dalam QS. Al-Ankabut, 29: 64, “Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, kalau mereka mengetahui.” (QS. Ali Imran, 3: 185)

Dalam ayat lain disebutkan bahwa hidup dan kesenangan dunia hanyalah menimpu belaka.  “Ketahuilah, bahwa sesungguhnya kehidupan dunia itu hanyalah permainan dan suatu yang melalaikan, perhiasan, dan bermegah-megah antara kamu serta berbangga-bangga tentang banyaknya harta dan anak, Dan di akhirat (nanti) ada azab yang keras dan ampunan dari Allah serta keridhaan-Nya. Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang menipu.” (Al-Hadid, 57: 20).

Allah memperingati kita agar tidak serakah dan tertipu oleh kehidupan dunia dengan diperintahkan untuk selalu bertawakal kepada-Nya. Karena hakikinya dunia ini hanyalah permainan belaka dan akan binasa.

Dalam beberapa ayat di atas dapatlah kita ambil kesimpulan bahwasannya dunia bukanlah kebahagian yang hakiki, tetapi akhiratlah yang hakiki. Hakikinya dunia adalah beramal kebaikan untuk mendapatkan hasil maksimal di akhirat, buah pahala dari apa yang dikerjakan di dunia.

Namun karena ketidaktahuan ilmu sehingga manusia mudah tertipu dan terbujuk rayu syetan menjadi budak dunia. Dengan berbagai cara, jalan dan akal, banyak diantara kita ingin meraih harta dunia dengan cara instan tanpa memikirkan halal-haram, baik dan buruk.

Bahkan diantara mereka berani nekad melalui jalan yang haram untuk mewujudkan keinginannya. Jika terbentur masalah, mereka akan menyelesaikan dengan cara cepat walaupun sebenarnya cara tersebut akan menimbulkan masalah yang lebih besar.

Mereka menegak minuman keras atau narkoba. Mereka menganggap mengkonsumi barang haram itu gaul dan hebat. Padahal bila ingin dikatakan anak gaul tidak mesti menegak narkoba. Mereka lupa bahwa kenikmatan yang ditimbulkan dari rasanya narkoba adalah kenikmatan sesaat.

Apa yang mereka minum sebenarnya menghancurkan diri mereka sendiri. Bahkan mereka telah menzalimi jasadnya sendiri. Tidak hanya itu, mereka juga menzalimi keluarga, tetangga dan masyarakat sekitarnya. Ingat, narkoba dapat merusak diri sendiri dan masa depannya.

Secara perlahan produktivitas kesehatan tubuh manusia akan menurun akibat menkonsumsi narkoba. Secara tidak sadar mereka telah membuka pintu jalannya maksiat yang bisa saja terjadi melakukan perbuatan maksiat yang jauh lebih besar resiko dan ancaman siksanya. Efek dari narkoba akan timbul rangsangan untuk melakukan perbuatan zina, mencuri, perkelahian, perceraian, pembunuhan dan berbagai jenis maksiat lainnya.

Jika semua jenis maksiat itu sudah dilakukan, maka sesungguhnya kita telah jauh dari ajaran agama yang kita anut. Dan ancaman siksa Allah SWT akan sangat menyakitkan.

Perlu kita ketahui bahwa narkoba mengandung zat adiktif yang dapat menimbulkan ketagihan pada diri pengkonsumsinya. Untuk itu, jauhilah narkoba dengan segala hal yang bisa menejerumuskannya.

Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan agar tidak terjerumus ke dalam narkoba seperti mencari ilmu agama, yang didalamnya terdapat perintah dan larangan termasuk larangan mengkonsumsi narkoba.

Kemudian bergaul dengan orang-orang baik, menertibkan shalat lima waktu dan meningkatkan amalan-amalan sunah. Banyak berdiam diri di masjid, banyak bertanya ilmu agama kepada para ulama-ulama, memperbanyak istigfar, membaca Alquran dan berdoa kepada Allah SWT.

Untuk itu, katakan TIDAK pada NARKOBA. Dekatkanlah diri kita kepada Allah SWT sebagai sang pemberi ampunan agar dosa-dosa kita diampuni oleh-Nya. Jalani hidup dengan normal dan penuh semangat mengerjakan kebaikan. Jadikanlah hidup kita menjadi nikmat tanpa mengkonsumsi narkoba. [Achmad]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *