Inilah Cara Laporkan Akun Palsu Facebook

Tribratanewsaceh – Belakangan ini kerap kali terjadi penipuan di Facebook dengan memanfaatkan akun palsu. Perlu penulis jelaskan sedikit terkait akun palsu yang dimaksud disini adalah akun Facebook yang mengatasnamakan orang tertentu, seolah-olah itu asli. Contoh, di Facebook banyak akun yang memakai nama Polda Aceh. Dan banyak orang yang terkecoh, mengira itu akun asli Polda Aceh. Padahal bukan.

Mungkin tidak terlalu berbahaya apabila akun palsu tersebut hanya bertujuan iseng-iseng dan tidak merugikan siapa pun. Walaupun sebenarnya hal tersebut telah melanggar kebijakan Facebook karena bisa saja suatu saat berpotensi merugikan orang lain. Jadi tetap harus dilaporkan.

Apalagi akun palsu tersebut sengaja digunakan untuk penipuan, dengan meminta uang  dan tragisnya banyak yang percaya lantas tertipu.

Oleh karena itu, tentu kita harus mencegah dan mengatasinya. Salah satu tindakan mudah yang bisa dilakukan adalah melaporkan akun palsu tersebut pada pihak Facebook.

Sejauh ini pihak Facebook sangat peduli dalam memusnahkan akun-akun palsu. Tidak perlu ramai-ramai yang melaporkan, cukup satu orang saja yang melaporkan. Hanya dalam hitungan menit setelah melalui proses peninjauan Facebook, akun tersebut sudah lenyap dari peredaran.

Berikut cara melaporkan akun palsu kepada pihak Facebook.

1. Lakukan login menggunakan akun Facebook anda, kemudian masuk ke halaman profil dari akun palsu tersebut. Arahkan mouse ke fitur message dan klik tiga (…) di bagian kanan, pilihlah laporkan.

2. Pada jendela berikutnya, pilih “Laporkan profil ini” lalu klik lanjutkan.

3. Pada jendela berikutnya, pilih “Ini akun palsu”, lalu klik lanjutkan.

4. Pada jendela berikutnya, silahkan pilih “Kirimkan ke Facebook untuk Ditinjau”.

5. Pada jendela berikutnya langsung saja klik selesai.

Proses pelaporan akun palsu dengan melakukan langkah-langkah diatas telah selesai. Anda tinggal menunggu pemberitahuan dari pihak Facebook yang isinya akun yang dilaporkan telah ditinjau dan sudah dihapus. Biasanya proses penghapusan akun palsu tidak memakan waktu lama, hanya beberapa menit saja.[mkn]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *