Jalan Utama Kecamatan Langkahan ditutup Warga, Kapolres Aceh Utara Lakukan Mediasi

Tribratanewsaceh.com – Sepanjang empat kilometer jalan utama di Kecamatan Langkahan, Aceh Utara mulai dari Gampong Meunasah Blang hingga Gampong Tanjong dalam ditutup/diblokir ratusan warga dari kedua gampong mulai pukul 23.00 WIB, Jum’at (2/9/2016).

Aksi warga melakukan pemblokiran jalan dipicu belum terreliasasinya pengaspalan hotmix dijalan utama kecamatan langkahan. Hingga saat ini jalan dikawasan tersebut masih rusak parah dan berdebu.

Kapolres Aceh Utara AKBP Wawan Setiawan, SH.,SIK.,MM yang datang kelokasi mengajak masyarakat duduk bersama di Balai Desa Kecamatan setempat guna melakukan mediasi perihal tersebut, Sabtu (3/9/2016). Namun akhirnya proses mediasi atas keinginan masyarakat dilakukan di sebuah warung Kopi di Gampong Tanjong Dalam.

Kapolres Aceh Utara AKBP Wawan Setiawan, SH.,SIK.,MM meminta warga untuk tidak menutup jalan karena jalan ini adalah jalannya masyarakat, apabila ditutup terus maka akan mengganggu masyarakat lainnya di Kecamatan Langkahan.

Kapolres menambahkan, Saat ini negara tengah mengalami defisit anggaran, setiap dinas dipangkas dananya, namun tidak serta merta dipangkas semuanya.

Selain Kapolres, proses mediasi juga dihadiri Kasat Intelkam Iptu Rezki Kholiddiansyah, SIK, Kadis Bina Marga Aceh Utara Edy Anwar ST, Muspika Kecamatan Langkahan, Ketua Forum Geuchik Kecamatan Langkahan Hamdani, serta Tokoh dan perwakilan Masyarakat.

Abdullah (36) salah satu warga Gampong Tanjong Dalam mengatakan Masyarakat disini sudah dijanjikan untuk dibuatkan jalan pada tahun 2014 lalu, namun nyatanya hingga kini belum terrealisasi, kami semua ditipu.

“apabila ingin jalan ini dibuka, maka haruslah dibuat komitmen atau perjanjian untuk dibuatkan jalan, baru jalan akan kami buka kembali.” Ujar Abdullah.

Proses mediasi yang berjalan alot akhirnya mencapai kemufakatan, dimediator Kapolres Aceh Utara, pihak Dinas Cipta Marga, Muspika Kecamatan Langkahan dan perwakilan masyarakat membuat surat pernyataan dan ditanda tangani bersama. Bahwasanya akan dibuatkan jalan pada tahun 2017 mendatang.

Atas kemufakatan tersebut, akhirnya jalan yang ditutup kembali dibuka masyarakat dibantu sejumlah personel Polres Aceh Utara yang ada dilokasi.[polresacehutara.com]IMG-20160903-WA0007 PhotoGrid_1472894769797

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *