Jari Mu Harimau Mu, Ujaran Kebencian Silahkan Lapor Polisi!

Teuku Adee Pengamat Medsos

Tribratanewsaceh.com – Anda benci terhadap seseorang ?  tidak suka terhadap suatu komunitas atau instansi tertentu ? lantas menumpahkan nya di media sosial, mencacai maki kemudian merasa puas, hati hati ! bila dulu ada ungkapan Mulut mu Harimau mu, sekarang lebih kepada Jari mu Harimau mu. Betapa tidak, saat ini banyak sekali saling caci maki, saling mengumpat bahkan fitnah yang tampil didunia maya. Dan tentunya sudah banyak pula yang harus berhadapan dengan hukum karena kasus kasus demikian.

Kita sebagai orang yang terpelajar dan yang memiliki akal pikiran yang sehat, tentunya bisa lebih bijak dalam mengelola emosi dan tidak asal menumpahkannya didunia maya, tapi apabila yang terjadi adalah sebaliknya ternyata kita lah yang menjadi sasaran caci maki bahkan mungkin difitnah dengan cara seperti yang diuraikan diatas, bagaimana kita menyikapinya ?

Tentunya kita bisa tetap tenang atau calm down karena segala macam caci maki atau saat ini diistilahkan sebagai ujaran kebencian alias hate speech semua sudah ada aturannya. Hate speech itu sendiri adalah perkataan, perilaku, tulisan ataupun pertunjukan yang dialarang karena dapat memicu terjadinya tindakan kekerasan dan sikap prasangka entah dari pihak pelaku pernyataan tersebut ataupun korban dari tindakan tersebut.

Kita sebagai korban bisa melaporkan tindakan tersebut kepada pihak berwajib, berikut adalah cara cara melaporkan ujaran kebencian atau hate speech ke pihak polisi :

  1. Tunjukkan bukti seperti tangkapan layar atau screenshot, alamat URL, foto atau video dari ujaran kebencian yang akan anda laporkan.
  2. Datangi kantor Polisi terdekat, setidaknya Polres dan menuju ruangan SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu)
  3. Sampaikan kepada petugas tentang ujaran kebencian atau hate speech disertai dengan bukti bukti nya.
  4. Jawablah dengan sebenar benarnya pertanyaan yang berkaitan dengan laporan ujaran kebencian
  5. Petugas akan memberikan bukti pelaporan
  6. Menunggu pemberitahuan tindak lanjut dari petugas.

Demikian langkah-langkah yang harus anda lakukan bila anda menjadi korban ujaran kebencian atau hate speech, segera laporkan saja ke pihak yang berwajib dan anda tidak perlu terpancing untuk ikut membalas dan saling hujat perang kata-kata didunia maya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *