Kapolda Aceh bersama Personil Polres Gayo Lues Musnahkan 25 Ha Ladang Ganja

tribratanewsaceh.com – Luas 25 hektare ladang Ganja di pegunungan Kampung Agusen Kecamatan Blangkejeren, Gayo Lues, berhasil ditemukan dan dimusnahkan oleh Polres Gayo Lues, Rabu (4/3/2020), sekira pukul 12.00 WIB.

Operasi yang terkesan penyergapan itu, dipimpin langsung Kapolda Aceh Irjen Pol Drs. Wahyu Widada, M.Phil.

Informasi yang diterima awak media ini, operasi yang berlangsung singkat tersebut dipimpin Kapolda dengan melibatkan beberapa personil, diantaranya Kombes Pol Dedy Irianto, S.H, M.H. (Karo Ops), Kombes Pol Rudy Ahmad Sudrajat, S.I.K., M.H. (Dir Resnarkoba), AKBP Brury Soekotjo Adhyakso Putro, S.I.K. (Wadan Sat Brimob), Sementara Bupati Gayo Lues, H Muhammad Amru, tidak ikut dalam rombongan tersebut, namun, menunggu di Bandara Patiambang Gayo Lues.

Sebelumnya, sekitar pukul 09.00 WIB, Kapolda take off dari Bandara Blang Padang Banda Aceh menuju PT Arun Lhokseumawe dengan menggunakan Heli TNI BEL 412. Selanjutnya take off menuju Bandara Patiambang di Gayo Lues, sekira pukul 11.30 WIB. Kemudian, dengan menggunakan Heli yang sama, Kapolda langsung menuju ke lokasi sasaran dan rombongam Landing Helipad di Desa Agusen dan menuju TKP.

Sesampainya di lokasi, Kapolda yang didampingi tim yang dipimpin Kapolres Gayo Lues AKBP Rudi Setiawan SIK, M.Si. langsung melakukan pemusnahan dengan cara mencabut dan membakar lahan Ganja yang saat itu tengah menjelang di panen. Setelah memberikan arahan tentang pemusnahan ladang ganja tersebut, lebih kurang 30 menit berada di lokasi Kapolda kembali menuju helipad dan take off ke Bandara Patiambang.

Dalam Konferensi Pers yang digelar dihalaman Pendopo Bupati Gayo Lues, Kapolda Irjen Pol. Drs Wahyu Widada. M.Phil, menegaskan, bahwa operasi yang terkesan mendadak tersebut berkat kerjasama dan informasi dari masyarakat, kemudian diteruskan ke jajaran Polres Gayo Lues.

“Operasi ini kila lakukan secara mendadak dan gerak cepat. Alhasil, satu tersangka warga Agusen yang diduga pemilik kebun ganja berhasil ditangkap,” jelas Kapolda.

Kapolda Aceh itu juga memperkirakan, dipegunungan Agusen tersebut juga masih ada ratusan hektar lagi kebun ganja. “Kita akan terus memberantas tanaman Ganja diseluruh wilayah Aceh sesuai dengan peraturan,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan Bupati Gayo Lues, H Muhammad Amru, bahwa Pemerintah Gayo Lues akan terus melakukan sosialisasi dan pembenahan terhadap masyarakat yang terlibat penanaman Ganja.

“Siapapun yang terlibat dengan Ganja, tentu akan terkena proses hukum, yang berimbas pada kerugian diri sendiri, keluarga dan masyarakat. Bahkan Pemerintah Daerah bersama BNN, TNI Polri dan masyarakat, saling mendukung dan bahu membahu dalam melakukan sosialisasi, pencegahan terhadap pelaku Narkoba,” demikian H Muhammad Amru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *