Kapolda Aceh : Pilkada Aceh 2017 harus Aman dan Tertib

Tribratanewsaceh.com – Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak kepada Tribratanewsaceh.com mengatakan pihaknya telah melakukan pemetaan sejumlah daerah yang rawan gangguan keamanan menjelang pilkada 2017.

Hal tersebut dilakukan, harapannya, agar gangguan-gangguan keamanan terkait Pilkada dapat dicegah dan proses demokrasi yang melibatkan seluruh masyarakat Aceh dapat berjalan aman dan damai.

Namun demikian, Kapolda Aceh memastikan pelaksanaan Pilkada di Aceh selain berjalan damai, juga dapat terlaksana dengan transparan, cerdas dan berkepribadian.

“kita semua berharap, pilkada kabupaten/kodya/provinsi aceh yg diselengarakan secara serentak dapat berjalan dengan aman dan damai, terbangun demokrasi di provinsi aceh yg transparan, cerdas dan berkepribadian.  Dan pada akhirnya akan terpilih pemimpin yg amanah untuk kesejahteraan masyarakat aceh,” tegasnya, Banda Aceh, Senin (26/12).

Terkait tindakan yang kerap kali terjadi menjelang Pilkada seperti ancaman dan intimidasi yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu. Kapolda Aceh menegaskan, masyarakat tak perlu takut terhadap segala bentuk ancaman atau apapun dari siapapun yang mencoba mempengaruhi hak pilihnya.

“Masyarakat tidak perlu takut/khawatir terhadap intimidasi dari siapapun dan atau bentuk apapun, yg akan mempengaruhi hak pilih saudara-saudara sekalian,” ujarnya.

Dia menambahkan, agar masyarakat menggunakan  hak pilih pada 15 Februari 2017 mendatang sesuai pilihannya masing-masing.

“dipersilahkan kepada masyarakat utk memberikan hak suara, pd saat pemungutan suara tgl 15 Februari 2017 ya,” katanya.

Sementara itu, dalam hal penegakkan hukum terkait Pilkada, pihaknya akan menangani secara profesional dan tidak akan memberi peluang kepada semua pihak di masyarakat untuk melakukan pelanggaran hukum dan tindak pidana Pilkada.

“dalam rangka penegakan hukum, polri akan bertindak secara profesional dan proporsional terhadap siapapun yg melakukan pelanggaran hukum/tindak pidana,” ujarnya.

Dia juga meminta kepada seluruh komponen masyarkat agar melaporkan setiap bentuk intimidasi menjelang pelaksanaan pilkada.

“laporkan kpd aparat TNI – Polri, bilamana dirasakan atau diketahui ada orang atau sekelompok orang yg melakukan intimidasi,” pinta Kapolda.

Terkait keamanan pilkada, katanya, pihak Kepolisian dan TNI telah disiapkan untuk memberi rasa aman dan perlindungan kepada masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya pada Februari 2017 mendatang.

“Aparatur TNI-Polri tidak akan pernah ragu dalam memberikan keamanan dan perlindungan kpd masyarakat selama pilkada 2017,” tutup Kapolda Aceh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: