Kapolres Aceh Jaya Pimpin Upacara Pelantikan Anggota Pramuka Saka Bhayangkara

tribratanewsaceh.com – Kapolres Aceh Jaya AKBP Harlan Amir, S.E.Ak.,M.M., memimpin Upacara Pelantikan Anggota Pramuka Satuan Karya Bhayangkara Polres Aceh Jaya yang berlangsung di Lapangan Apel Mapolres setempat, Jumat (13/03/2020).

Pada saat memimpin Upacara tersebut, Kapolres Aceh Jaya AKBP Harlan Amir, S.E.Ak.,M.M.,membacakan amanat tertulisnya, mengawali sambutan ini marilah sejenak kita menghaturkan puji dan syukur ke hadirat allah SWT tuhan yang maha esa, yang telah melimpahkan rahmat, nikmat, dan hidayah-nya kepada kita sekalian, sehingga pada sore hari yang berbahagia ini kita dapat hadir dalam keadaan sehat wal afiat di halaman Mapolres Aceh Jaya ini dalam rangka mengikuti upacara pelantikan anggota pramuka satuan karya bhayangkara (prasbhara) polres aceh jaya angkatan ke-II.

Saya sebagai Kapolres Aceh Jaya juga selaku ketua majelis pembimbing gerakan Pramuka Saka Bhayangkara Polres Aceh Jaya, menyambut gembira dan terharu atas kesediaan adik-adik menjadi anggota keluarga besar Pramuka Saka Bhayangkara Polres Aceh Jaya secara suka dan rela yang pastinya mempunyai tekad mengabdikan sebagai pelopor muda Kamtibmas di Aceh Jaya, tentunya hal. ini tidak terlepas dari moto gerakan Pramuka yaitu “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kuba Ktikan”.

Lanjut AKBP Harlan Amir, S.E.Ak.,M.M., nantinya, adik-adik akan mengikuti pendidikan Saka Bhayangkara ini minimal selama kurang lebih 6 (enam) bulan, yang dibekali 4 (empat) materi krida, yaitu :

  1. Krida Ketertiban Masyarakat;
  2. Krida Lalu Lintas;
  3. Krida Pencbgahan dan Penaggulangan Bencana;
  4. Krida Tindakan Pertama Tempat Kejadian Perkara (TPKP).

Sebagaimana kita ketahui bersama, bahwa gerakan pramuka mempunyai tugas pokok menyelenggarakan Kepramukaan bagi kaum muda guna menumbuhkan tunas Bangsa menjadi generasi yang lebih baik, bertanggung jawab, mandiri, mampu membina dan mengisi Kemerdekaan Nasional serta membangun dunia yang lebih baik,’’ungkap Kapolres.

Salah satu upaya untuk membentuk para kader tersebut, adalah membekali peserta didik dengan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) yang merupakan bagian integral dari pembangunan Nasional.

Sesuai dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 2 Tahun 2002 Tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia Pasal 14 Huruf C menyebutkan bahwa dalam melaksanakan tugas pokok Kepolisian Negara Republik Indonesia bertugas membina masyarakat untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, kesadaran hukum masyarakat serta ketaatan warga masyarakat terhadap hukum dan peraturan per Undang-undangan,’’ pungkas Kapolres Aceh Jaya.

Upacara terlihat turut dihadiri oleh, Kapolres Aceh Jaya, Waka Polres Aceh Jaya, Para Kabag, Kasat,  Para Perwira Polres Aceh Jaya serta diikuti, 1 Peleton Personel Staf Polres Aceh Jaya,1 Peleton Personel Sat Lantas Polres Aceh Jaya, 1 Peleton Personel Sat Intel, Reskrim dan 3 Peleton Anggota Pramuka Aceh Jaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *