Kapolres Aceh Timur Beri Pembekalan Kepada Penyidik Reskrim & Res Narkoba

tribratanewsaceh.com – Kepala Kepolisian Resor Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum memberikan pembekalan dan pelatihan kepada penyidik pada satuan Reserse Kriminal dan Reserse Narkoba tentang mekanisme penyidikan sesuai Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidanan (KUHAP) dan Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 14 Tahun 2012 di Aula Wira Satya, Jum’at (13/01) siang.

Kapolres yang didampingi Waka Polres Kompol Carlie Syahputra Bustamam mengatakan, pembekalan ini sangat diperlukan pada fungsi Reserse untuk meningkatkan kemampuan anggota reserse khususnya penyidik di bidang penyidikan, untuk mengimbangi situasi yang berkembang berkaitan dengan proses penyidikan dan peradilan.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres berpesan kepada para penyidik untuk lebih mengasah pengetahuan dengan membaca buku KUHAP dan Perkap, ini dapat digunakan sebagai referensi penyidik dalam menentukan suatu tindak pidana, hal tersebut disampaikan supaya dalam melakukan proses penyidikan lebih profesional dan proporsional. Tegas Kapolres.

Kapolres mengharapkan, penyidik memahami dan mengetahui langkah-langkah dalam penanganan suatu tindak pidana khususnya dalam penyelidikan dan penyidikan suatu kasus. Sehingga diharapkan nantinya suatu tindak pidana menjadi jelas, bagaimana langkah dan pentahapan yang perlu dilakukan oleh anggota dalam hal ini penyidik Polri baik berupa interview, observasi, surveillance serta undercover sehingga nantinya akan memperoleh petunjuk seperti saksi sampai dengan tersangka termasuk barang buktinya. Ujar Kapolres.

Ditambahkanya, untuk meningkatkan kemampuan dan juga mengingatkan kembali para personilnya tentang cara lidik dan pemeriksaan yang mana bukan hanya fungsi terkait saja namun seluruh anggota juga harus memahami, saat ini kita berikan pelatihan fungsi kepada anggota yang berkaitan dengan fungsi reskrim termasuk tentang dasar-dasar penyidikan yang diatur dalam Undang-undang.

Dengan adanya pelatihan ini kita berharap para personil dapat lebih memahami dan menambah SDM para personil pada saat dilapangan, Pelatihan ini nantinya akan terus dilakukan dengan tujuan untuk mengingatkan kembali para personil sehingga dapat menjadi pedoman kerja dalam bertugas. Terang Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum.

(Iwan Gunawan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *