Kejahatan Komputer Bagian 1

Exif_JPEG_420

Mukmin (Pakar IT)

Seiring dengan perkembangan zaman sekarang ini, telah banyak tercipta alat-alat canggih dan praktis. Semua orang berlomba-lomba untuk menciptakan hal yang terbaru untuk mendukung aktivitasnya. Termasuk dalam perkembangan TI (teknologi informasi) yang saat ini berkembang sangat cepat dan pesat, khususnya di negara kita Indonesia.

Peranan teknologi infomasi seperti adanya komputer dan alat canggih lainnya, tentu tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan manusia. Dengan adanya kemajuan teknologi semakin mempermudah pekerjaan manusia dan serasa dunia ada di genggaman kita. Selain itu, perkembangan teknologi informasi sudah barang tentu berkembang sangat cepat, sehingga harus selalu mengikuti perkembangannya.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi merupakan dua mata pisau, di satu sisi banyak dipergunakan untuk kemudahan, di satu sisi lain juga banyak dimanfaatkan oleh segelintir orang yang tidak bertanggungjawab untuk melakukan praktek kejahatan dengan menggunakan teknologi. Tulisan singkat ini akan membahas terkait dengan kejahatan komputer yang akhir-akhir ini marak terjadi di internet.

Kejahatan Komputer
Kejahatan komputer dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu :
1. Computer fraud meliputi
Kejahatan dari segi sistem organisasi komputer

2. Computer cryme merupakan kegiatan berbahaya di mana menggunakan media komputer dalam melakukan pelanggaran hukum (computer as a tool)

Untuk menginvestigasi dan menganalisis kedua kejahatan tersebut masuk pada pembahasan forensik TI.

Empat ruang lingkup kejahatan komputer:
1. Komputer sebagai alat untuk melakukan aksi kejahatan tradisional, seperti digunakan untuk melakukan pencurian, penipuan dan pemalsuan identitas melalui internet, disamping kejahatan lainnya seperti pornografi terhadap anak-anak, prostitusi online dan lain-lain.

2. Komputer dan pendukungnya sebagai alat untuk menyalahgunakan data-data yang ada dalam komputer, mengubah data, memodifikasi, menghapus dan menduplikasi secara tidak sah.

3. Penyalahgunaan yang berkaitan dengan komputer atau data, yaitu mana kala komputer dan data yang terdapat di dalam komputer digunakan secara ilegal dan tidak sah.

4. Yang berkaitan dengan hak akses dengan cara-cara yang ilegal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *