Mari Bijak Bermedsos

Tribratanewsaceh.com – Zaman sekarang Media Sosial (Medsos) telah menjadi suatu trend dikalangan warga masyarakat dunia, tak terkecuali di Indonesia dan juga di Aceh tentunya. Medsos seolah telah menjadi suatu kebutuhan dan gaya hidup pada sebagian besar masyarakat kita. Foto pribadi, video kegiatan atau bahkan sekedar ungkapan isi hati hampir setiap hari, bahkan setiap jam, menit dan detik diumbar di Medsos.

Sebenarnya tak ada yang salah dengan hal ini, semuanya sah-sah saja selama hal yang dibagikan bisa memberikan manfaat positif bagi sesama. Misalnya saling berbagi informasi dengan keluarga yang tinggal berjauhan atau pun saling sapa dan berkomunikasi dengan teman-teman lama yang sudah terpisah selama puluhan tahun. Tapi ironisnya, beberapa saat terakhir ini medsos telah berubah fungsi dari hal-hal positif tadi menjadi ajang menebar kebencian, menebar fitnah, saling hujat dan caci maki yang tak berujung. Kita sebagai masyarakat pengguna internet (baca: netizen) harus pintar-pintar mengelola emosi saat sedang aktif berselancar didunia maya, jangan sampai hanya karena terpancing dengan provokasi-provokasi di medsos, kita sampai kehilangan kendali dan ikut mengeluarkan umpatan-umpatan dan statement yang menyakiti seseorang atau bahkan merusak nama baik suatu instansi tertentu.

Saat ini pihak Kepolisian akan mengambil tindakan hukum sehubungan dengan telah berlakunya UU ITE di Indonesia. Bahkan Polisi Indonesia seperti halnya pihak Polda Aceh telah memilki sebuah divisi khusus yang menangani masalah-masalah ini yang dikenal dengan pasukan CYBER TROOPS.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Goenawan mengkonfirmasi hal tersebut dan beliau menghimbau agar masyarakat lebih bijak dalam menggunakan medsos, “Pikirkanlah dulu sebelum mengumbar pernyataan-pernyataan yang dapat menimbulkan perpecahan, janganlah saling menebar kebencian dan fitnah, apalagi dibulan suci Ramadhan ini, marilah kita tingkatkan ibadah kita kepada Allah SWT dan bila menggunakan medsos, bagikanlah hal-hal positif yang dapat meningkatkan kualitas diri kita dan mendapatkan pahala dimata Allah”. Demikian pungkas beliau saat dihubungi melalui telepon selularnya. (Teuku Adee)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *