Masyarakat Diminta Jadi Polisi Bagi Diri Sendiri

Peran masyarakat dinilai memiliki dampak besar dalam mendukung kinerja Kepolisian terlebih ditengah upaya pihak Kepolisian dalam menekan aksi kriminal, khususnya di lingkup Polres Aceh Utara.

Dalam mencegah semakin maraknya kasus Kriminal, Kapolres Aceh Utara AKBP Ian Rizkian Milyardin melalui Kabag Ops AKP Syukrif I Panigoro Selasa (24/12/2019) kepada tribratanews mengatakan jika upaya Kepolisian dalam mewujudkan Kamtibmas tidak akan maksimal tanpa dukungan dari masyarakat.

“Bagaimanapun upaya Kepolisian dalam mewujudkan situasi kamtibmas tanpa dibarengi dengan kesadaran masyarakat untuk menjaga situasi kamtibmas dilingkungannya maka dapat dipastikan usaha Kepolisian tidak akan maksimal.” ujarnya.

Ditambahkan, situasi di wilayah hukum Polres Aceh Utara menjelang Natal 2019 dan tahun baru 2020 masih aman dan kondusif, meski demikian, upaya pengamanan ditingkatkan melalui Operasi Lilin Rencong 2019 yang digelar sejak tanggal 23 Desember hingga 1 Januari 2019 dengan melibatkan 219 personel gabungan TNI/Polri dan Instansi terkait.

Ditengah upaya pihak Aparat Keamanan menjaga situasi kamtibmas, dirinya juga berharap masyarakat dapat menjadi Polisi bagi diri sendiri dengan tidak melakukan tindakan yang mengundang terjadinya kasus kriminal, diantaranya seperti menggunakan perhiasan berlebih.

“Karena selain ada niat, kasus Tindakan kriminal juga dapat terjadi karena adanya kesempatan.” Terangnya.

Selain itu peran orang tua juga diharapkan dapat semakin optimal dalam melakukan pengawasan terhadap anaknya, diantaranya dengan melakukan kontrol dan komunikasi yang baik, sehingga anak dapat terhindar dari tindakan yang merugikan diri sendiri serta melanggar hukum.

“Orang tua diharapkan dapat mengawasi dan mendidik anaknya, Karena awal dari kejahatan itu salah satunya tidak adanya pengawasan orang tua.” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *