Narkoba Semakin Meraja Lela, Para Orang Tua Harus Lebih Waspada

Teuku Adee Pengamat Medsos

Tribratanewsaceh.com – Narkoba ! Barang haram itu semakin menjadi momok bagi kita terutama untuk anak-anak muda generasi penerus bangsa, sudah banyak sekali kasus menyedihkan yang terjadi akibat penyalahgunaan narkoba, mulai dari perilaku buruk membangkang menentang orangtua karena dibawah pengaruh narkoba, mencuri hanya untuk sekedar mendapatkan uang yang akan digunakan untuk membeli barang haram tersebut, bahkan berujung kematian akibat over dosis dalam mengkonsumsi narkoba.

Jenis nya pun semakin beragam, penuh inovasi. Para bandar atau pengedar narkoba ini punya seribu cara dalam pemasaran narkoba yang menjadikan kaum muda sebagai target mereka. Sudah sering kita mendengar narkoba dalam bentuk bermacam-macam, mulai dari permen yang dikemas dalam bentuk menarik, tissue, bahkan pulpen dengan tinta harum yang mengandung narkoba yang jelas-jelas sangat berbahaya dan membuat penggunanya ketagihan.

Yang terbaru seperti diberitakan oleh Bidang Humas Polda Aceh adalah Pentylone. Sebenarnya bukan merupakan zat baru namun Pentylone termasuk dalam new psychoactive subtances (NPS) dan masuk dalam golongan I zat psikotropika yang mengakibatkan ketergantungan bagi pemakainya.

Dari Institute Of Mental Health Addiction And Neurosience (IMAN) menjelaskan, Pentylone merupakan sejenis yang masih derivate dari chatinonce yang dapat menimbulkan halusinasi, euphoria berlebihan dan insomnia bagi pemakainya.

Pentylone adalah hasil riset awal dalam untuk pengobatan yang kemudian disalahgunakan pemakainya. Narkoba jenis Pentylone berbentuk serbuk yang dumasukkan didalam kapsul. Cara mengkonsumsinya adalah langsung diminum atau dilarutkan kedalam air mineral.

Sekali lagi penulis menghimbau untuk para orangtua agar lebih waspada dalam mengawasi pergerakan dan pergaulan anak-anaknya, tentunya kita tidak mau dan tidak rela apabila anak-anak kita terjerat dalam cengkraman barang laknat tersebut, mari lebih waspada dan membekali anak-anak kita dengan pengetahuan mengenai bahaya narkoba  tentunya menanamkan nilai-nilai agama yang kuat kepada mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *