Pemkab Gayo Lues Kerjasama dengan TNI/Polri Canangkan Kampung Keluarga Berencana

tribratanewsaceh.com – Kepala Bagian Perencanaan Polri Polres Gayo Lues Komisaris Polisi Masri.J hadiri undangan kegiatan pembukaan TMKK (TNI Manunggal KB Kesehatan) di kantor Camat Dabun Gelang, Selasa (21/04/2020). Acara ini dimotori Dinas DP3AP2KB bekerja sama dengan TNI dari Kodim 0113/Gayo Lues.

Selain Bupati, acara dihadiri Dandim Gayo Lues Letkol Arm Sugiharto SE, yang mewakili Kapolres Gayo Lues Kompol Masri.J, Forkopimda, Muspika, Ketua PKK Gayo Lues Hj Hartati Amru, Ketua Persit KCK Cabang XXVI Gayo Lues Nyonya Sugiarto, Para Kepala dan Mukim se kecamatan Gelang.

Disampaikan Bupati Gayo Lues, bahwa dampak mewabahnya Pandemi Virus Corona (Covid-19) telah mempengaruhi seluruh sendi kehidupan, termasuk aspek kepemerintahaan dan dari hari kehari angka kasus juga kian bertambah.

Dalam menyikapi kondisi tersebut Pemerintah Kabupaten Gayo Lues melalui Dinas DP3AP2KB bekerja sama dengan TNI melakukan upaya prosedur pencegahan lewat Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Banggakencana).

“Sinergitas dan sinkronisasi dalam program TMKK dan Banggakencana Kabupaten Gayo Lues ditengah krisis Pandemi Covid-19 ini diharapkan menjadi gerakan sosial akan pentingnya upaya pencegahan penyebaran dan antisipasi dini melalui penguatan kapasitas sehingga dapat meningkatkan kualitas kesehatan” katanya.

Dalam hal ini, Kampung Keluarga Berencana menjadi inovasi strategis untuk mengimplementasikan kegiatan prioritas secara utuh yang merupakan basis gerakan dari keluarga berencana.

“Tujuan pencanangan Kampung Keluarga Berencana adalah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan kelaurga serta pembangunan sektor terkait dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas” sebut Amru.

Secara khusus pecanangan Keluarga Berencana yaitu untuk meningkatkan peran pemerintah, pemerintah daerah, lemabaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, pendamping dan pembina masyarakat umum meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pembangunan berwawasab kependudukan.

“Atas nama Pemerintah Daerah Gayo Lues dan masyarajat menyambut baik program kolaborasi ini, diharapkan penguatan program Kampung Keluarga Berencana dan Pengembangan Kampung (KKBPK) menjadi salah satu bentuk dari upaya pencegahan dan penyebaran Virus Corona (Covid-19)” tutup Bupati Amru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *