Penipu Berkedok Penarik Harta Karun Gaib, Ditangkap Sat Reskrim Aceh Timur

tribratanewsaceh.com – Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Aceh Timur, berhasil menangkap seorang tersangka yang diduga melakukan tindak pidana penipuan dengan modus dapat mengeluarkan emas dan benda berharga lainnya dari tanah secara gaib, Minggu (22/01/17).

Kapolres Aceh Timur AKBP Rudi Purwiyanto, S.I.K, M. Hum mengatakan, tersangka MH (42) merupakan warga Dusun Tengah Desa Alue Buket Kecamatan Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara. Penangkapan tersangka ini sendiri berdasarkan laporan korban atas nama MY (48) warga DesaPante Meureubo, Kecamatan Madat yang merasa itelah ditipu dan dirugikan atas prilaku tersangka.

Peristiwa ini bermula, pada Selasa (10/01/17) tersangka datang ke rumah korban dengan maksud mengobati penyakit yang dideritanya, setelah korban diobati kemudian tersangka mengatakan kepada korban bahwa tepat di halaman belakang rumah korban tersimpan harta karun berupa emas yang jumlahnya mencapai 10 Kilo gram.

BB Penipuan Polsek MadatKemudian tersangka mengatakan kepada korban, bahwa emas tersebut dapat dikeluarkan atau ditarik secara gaib dengan catatan korban harus menyanggupi beberapa persyaratannya. Tergiur ucapan tersangka, korban pun menyanggupi persyaratan yang diminta tersangka.

Setelah disepakati, tersangka meminta korban untuk menyediakan sarana dalam memperlancar ritual yang akan dilakukan tersangka. Kepada korban tersangka mengatakan setiap kali zikir dengan sebanyak 100 kali, permintaan yang diminta oleh penjaga benda harta karun tersebut berganti yang akhirnya persyaratan tersebut hingga puluhan macam.

Untuk meyakinkan kepada korban, setiap selesai berzikir tersangka selalu memperlihatkan benda-benda aneh yang berwarna keemasan yang seolah-olah telah ditarik secara gaib. Namun setelah dicek oleh korban ke toko mas, ternyata benda-benda  tersebut merupakan kuningan biasa bukan emas asli, terang Kapolres.

“Merasa ditipu oleh tersangka, korban kemudian melaporkan kepada kami dan kemudian dilakukan penyelidikan oleh anggota kita dilapangan, hingga akhirnya tersangka berhasil kami tangkap. Atas perbuatan tersangka, korban sendiri mengaku mengalami kerugian mencapai ratusan rupiah,” ujar Rudi.

Dari tangan tersangka petugas turut mengamankan berupa : Satu unit mobil Toyota Avanza warna hitam, satu buah dompet dompet warna coklat, uang tunai sebesar Rp. 2.150.000, Kartu Anggota Pers “Zona Merah”  atas nama HS, satu unit Handphone dan satu buah jam tangan.

“Saat ini tersangka berikut barang bukti sudah diamankan di Mapolres Aceh Timur guna pemeriksaan lebih lanjut dan akan terus kita dalami untuk mengetahui apakah ada korban lainnya,” Terang Kapolres .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *