Perdamaian Produk Warisan Rasulullah SAW

whatsapp-image-2016-08-25-at-13-09-54

Ustadz Achmad

Sebagai suri teladan sepanjang masa, Rasulullahh telah berhasil membuktikan dan mengukir rangkaian sejarah peradabann Islam dengan begitu menawan.

Salah satu bentuk peradaban yang diwariskannya yaitu tahap demi tahap sebuah perdamaian terwujud tatkala beliau dan masyarakat minoritas (Muslim) hidup berdampingann dengan kuffar Quraisy.

Sepanjang hidup Rasul dalam menjalankan dakwahnya, Rasulullah SAW menempuh beberapa rangkaian perjanjian untuk menghindari peperangan dan pertumbahan darah serta berupa membangun perdamaian. Diantara beberapa perjanjiannya yaitu perjanjian Hudaibiyah, perjanjian dengan delegasi Najran dan yang lainnya.

Dalam melakukan tahapan-tahapan perjanjian perdamaian bukanlah suatu hal yang mudah. Rasulullah SAW telah membuktikan lewat pengamalannya arti kata Islam yang berarti Salaam-damai atau selamat-membuat beliau enggan berperilaku kasar, ofensif dan menjajah.

Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang sangat dikenal dengan kepribadian yang baik dengan siapa pun. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita hidup berdampingann dan saling menghormati antar sesama golongan masyarakat guna memperkuat tali persaudaraan sesama anak bangsa, agar terwujud masyarakat yang ideal, yakni aman, makmur dan sentosa. [Achmad]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *