Perompak Bersenjata di Perairan Selat Malaka ditangkap Tim Opsnal Polres Langsa

tribratanewsaceh.com – Sat Reskrim Polres Langsa berhasil mengungkap 3 orang pelaku tindak pidana penyalahgunaan senjata api dan bahan peledak yang berprofesi sebagai perompak laut. ”Mareka sering beraktifitas di perairan selat malaka dalam wilayah Kota Langsa”  Demikian ungkap, Kapolres Langsa, AKBP Andy Hermawan SIK, M.Sc melalui Kasat Reskrim, Iptu Arif Sukmo Wibowo SIK, di Aula Press Realease Polres Langsa, Senin (30/09/2019)

Menurutnya, ada 3 pelaku yang kita amankan masing-masing, Tarmizi (23), warga Tanoh Anoe Idi Rayeuk dan Munasir (29) dan Tarmidi (23) merupakan warga Kuala Bugak Peureulak.

Saat kita tangkap kita dapati barang bukti berupa, satu butir granat aktif jenis nanas, satu pasang anting emas, satu buah gelang emas, satu buah kalung emas, dua buah cincin emas empat lembar surat emas. Selanjutnya, uang tunai sejumlah Rp. 1.000.000,- dan Rp. 940.000,-. Ujar Kasat.

Selanjutnya, penangkapan ini berawal dari laporan masyarakat dan pada tanggal 25 September 2019 kita melakukan penyelidikan, dan kita dapati informasi penyalahgunaan senjata api dan bahan peledak tersebut, selanjutnya Kasat Reskrim Polres Langsa melakukan penyelidikan atas informasi tersebut dan berhasil kita amankan 3 orang tersangka.

Dan setelah kita introgasi  tersangka mengakui dan menggunakan 1 Butir Granat aktif jenis nanas yamg dimamfaatkan untuk kegiatan perompakan dan pembajakan kapal nelayan di perairan Aceh dan Sumatra pada bulan Agustus dan September 2019 lalu.

“Bahan peledak itu kerap digunakan untuk membajak kapal nelayan dan selanjutnya mereka minta tebusan kepada pemilik kapal”  Ujar Kasat Reskrim.

Saat ini ketiga tersangka sudah diamankan di mapolres setempat untuk penyidikan lebih lanjut. Dan kepada tersangka akan dikenakan pasal Undang-Undang Darurat No. 12 Tahun 1951, tentang senjata api dan bahan peledak, dengan ancaman hukuman paling lama 20 tahun penjara atau seumur hidup. Imbuhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *