Polair Polda Aceh Laksanakan Latihan SAR Tingkatkan Kemampuan Personel

tribratanewsaceh.com – Banda Aceh, Direktorat Polisi Perairan (Dit Polair) Polda Aceh melaksanakan latihan Search And Rescue (SAR) di pelabuhan Ule-Lheu beberapa hari lalu yang bekerja sama dengan badan SAR Nasional dan dalam rangka guna meningkatkan kemampuan personel dalam melaksanakan tugas sehari-hari dan kebutuhan khusus apabila dalam keadaan emergency.

Dir Polair Kombes Pol Suroso Miharjo melalui Kabag Bin Opsnal AKBP Ir. Sulasnawan menuturkan latihan SAR ini diikuti oleh seluruh personel Polair dan dibagi dalam beberapa kelompok latihan untuk dapat terakomodir seluruhnya, materi pelatihan berupa cara penanganan penyelamatan korban laka laut, cara bertahan hidup di air serta yang utamanya pelatihan penyelamatan dan evakuasi saat terjadi peristiwa korban tenggelam.

Tujuannya kegiatan ini adalah untuk melatih kesiapan siagaan anggota sehingga apabila menghadapi situasi tertentu khususnya dalam bencana, anggota telah memiliki bekal dan gambaran tentang apa yang akan dilakukan,” ujar Sulasnawan.

Selain melatih kesigapan, latihan SAR juga berfungsi untuk menjalin kerja sama dan kekompakan yang baik antar anggota dalam pelaksanaan tugas nantinya. dan dalam latihan ini juga terbagi dalam beberapa kelompok dengan tujuan agar semua nya dapat berlatih dengan baik, tutur nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *