Polda Aceh dan Dinas Pendidikan Provinsi Aceh Gelar Lomba Duta Pelajar Kamtibmas

Polda Aceh bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Provinsi Aceh melaksanakan lomba Duta Pelajar Kamtibmas tingkat Provinsi yang dipusatkan di Hotel Grand Aceh Syari’ah, Minggu (10/12/2017).

Sebanyak 46 Pelajar tingkat SMA sederajat yang sebelumnya telah menjadi Duta Sadar Kamtibmas tingkat Kabupaten Kota masing-masing, berjuang untuk menjadi Duta Kamtibmas tingkat Provinsi Aceh yang dilaksanakan selama dua hari.

Kapolda Aceh Irjen Pol S. Djambak yang diwakili Direktur Binmas Polda Aceh Kombes Pol Burhanuddin mengatakan bahwa program Polda Aceh ini dilaksanakan untuk menumbuhkan kesadaran akan Kamtibmas kepada para Pelajar, terutama maraknya pemakaian narkoba, tawuran dan berbagai pelanggaran hukum lainnya.

“Program seperti ini telah kita mulai sejak tahun 2011 lalu melalui program Polisi Saweu Sikula (Polisi Berkunjung ke sekolah),” sebutnya

“Duta Kamtibmas yang digagas Polda Aceh dengan Dinas Pendidikan Aceh merupakan yang pertama di Indonesia, kegiatan ini dilaksanakan agar pelajar semakin tumbuh kesadarannya dan terbentuk karakter anak bangsa yang baik,” kata Dir Binmas

“Lomba ini sebagai salah satu sarana untuk menumbuh kembangkan anak-anak pelajar sebagai pelopor atau menjadi contoh bagi rekan-rekannya agar tidak terjadi kekerasan  dalam lingkungan sekolah, mencegah peredaran gelap narkoba maupun informasi-informasi yang dapat merusak pola pikir dan pola tindak dari anak didik kita,” ujar  Burhanuddin.

Sementara itu Kadis Pendidikan Aceh Drs. Laisani, M.Si mengatakan bahwa kehadiran Polisi Saweu Sikula (Polisi berkunjung ke sekolah) yang digagas bersama Polda Aceh ini dapat mengajarkan para Pelajar menghindari diri dari berbagai dampak pelanggaran hukum.

“Saya berharap kepada para Pelajar yang telah menjadi Duta Pelajar Kamtibmas dapat memberikan tauladan kepada sesama rekannya bahkan menjadi motor sadar Kamtibmas,” kata Laisani.

Tentunya program ini sangat gemilang untuk kita bisa hidup damai, tentram, nyaman dan aman melalui program Kamtibmas ini,” ungkapnya.

Pemenang juara pertama dalam perlombaan ini adalah M. Arifal Akbar dan Afifah Maulia Putri dari Kabupaten Pidie, sedangkan perain juara kedua adalah Fadhlurrahman dan Diah Damba Nabila dari Kabupaten Abdya, selanjutnya yang menjadi juara tiga adalah Auli Simahara Siagian dan Siti Hajar Fikraini dari Kabupaten Aceh Tengah.

AKBP Drs. Dzakaria yang juga sebagai Ketua Panitia Seleksi Duta Pelajar Kamtibmas mengatakan bahwa pemilihan Duta ini diharapkan agar pelajar semakin mendalami dan dapat berperan sebagai pengayom di sekolahnya dan ditempat tinggalnya.

“Kepada para juara nantinya akan mendapatkan kesempatan berkunjung ke Mapolda Aceh dan akan bertemu langsung dengan Kapolri di Jakarta nantinya,” kata Dzakaria.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *