POLDA ACEH GELAR SYUKURAN HUT KE 68 POLAIRUD

Tribratanewsaceh.com – Kepolisian Daerah Aceh, Selasa (4/12) menggelar syukuran Peringatan Hut ke 68 Kepolisian Perairan dan Udara (Polairud) di ruang Serbaguna, Mapolda Aceh.

Syukuran itu dihadiri langsung oleh Kapolda Aceh Irjen Pol. Drs. Rio S. Djambak, Wakapolda, Irwasda, serta para Pejabat Utama, dan personil Polda Aceh.

Selain Itu, hadir juga Ketua PD Bhayangkari Aceh Ny. Veny Rio dan pengurus lainnya.

Dan dalam acara tersebut tak luput pula tampak hadir sejumlah pejabat instansi terkait lainnya seperti Pejabat TNI, Forkopimda dan para undangan lainnya.

Syukuran itu ditandai pemotongan nasi tumpeng oleh Kapolda Aceh yang didampingi Dirpolairud Polda Aceh kemudian diberikan kepada Personil Polairud Polda Aceh yang usia termuda dan tertua.

Kapolda dalam membacakan sambutan tertulis Kapolri Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph. D diantaranya mengatakan “selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia, saya mengucapkan selamat ulang tahun ke 68 kepada keluarga besar Korps Kepolisian Perairan dan Udara. Semoga Korpolairud Baharkam Polri, senantiasa eksis dan dapat terus berhasil dalam menjalankan tugas-tugas yang diemban”, ucapnya.

Kemudian, Korpolairud juga telah berkontribusi besar dalam mendukung upaya Polri untuk meningkatkan kepercayaan publik. Hal ini dapat dilihat melalui upaya-upaya penegakan hukum terhadap berbagai bentuk kejahatan di perairan seperti Illegal Fishing dan penyelundupan, serta kejahatan lainnya, kata Kapolri.

Jajaran Polairud juga berperan besar dalam mendukung tugas-tugas Kepolisian di bidang kemanusiaan, seperti yang ditampilkan melalui respon proaktif guna mendukung pergeseran pasukan dan bantuan logustik secara cepat dalam penanganan bencana alam di Lombok dan Sulawesi Tengah, serta pada pelaksanaa operasi pencarian dan penyelamatan korban
kecelakaan pesawat Lion Air JT-610 di perairan Karawang, Jawa Barat bersama-sama dengan instansi terkait lainnya, kata Kapolri.

Demikian pula dengan upaya Korpolairud dalam mendukung pengamanan berbagai agenda nasional sepanjang tahun 2018, yaitu pengamanan Pilkada serentak 2018 pada 171 wilayah, pengamanan operasi ketupat 2018, Asian Para Games 2018, dan IMF-World Bank Annual Meeting 2018, kata Kapolri.

Dikatakan Kapolri, berbagai capaian tersebut saya harap semakin meningkatkan motivasi dan kinerja seluruh jajaran Korpolairud Baharkam Polri. Terlebih ke depan, kita akan menghadapi tantangan tugas yang memerlukan kehadiran personel Polri. Mulai dari penyelenggaraan operasi Lilin untuk pengamanan Natal 2018 dan tahun baru 2019, operasi Mantap Brata untuk pengamanan tahapan pemilu tahun 2019 yang saat ini tengah berlangsung, hingga kesiapsiagaan dalam menghadapi setiap potensi bencana alam yang terjadi di wilayah NKRI kata Kapolri.

Dikatakan Kapolri, tema yang diangkat pada peringatan hari ulang tahun Korpolairud Baharkam Polri tahun 2018, yaitu ” Dengan Semangat Promoter Polairud Siap Mengamankan Pemilu 2019 dalam rangka Pembangunan”.

Pada momentum hari ulang tahun ke 68 ini, kita meresmikan penggunaan alat utama berupa 23 unit kapal patroli dan 2 unit pesawat udara, dengan rincian 1 unit kapal patroli lepas pantai, 7 unit kapal patroli cepat, 15 unit kapal pemburu cepat, 1 unit pesawat terbang CN-195, dan 1 unit helikopter bell 412-EP, kata Kapolri.

Modernisasi peralatan menjadi salah satu bagian terpenting dalam mendukung pelaksanaan tugas kamtibmas di wilayah perairan dan udara. Karena spektrum ancaman kejahatan khususnya di area perairan Indonesia terus menerus berkembang, kata Kapolri.

Demikian pula dengan karakteristik geografis Indonesia yang luas dengan garis pantai yang terbentang panjang.Sehingga tambahan peralatan baik kapal maupun pesawat udara, akan sangat membantu pelaksanaan tugas Korpolairud ke depannya, kata Kapolri.

Namun demikian, dalam kesempatan ini pula saya mengingatkan bahwa peningkatan kinerja bukan semata diukur melalui canggihnya peralatan yang dimiliki. Profesionalitas, loyalitas dan integritas para personel Korpolairud Baharkam Polri juga berperan penting dalam mewujudkan Polri yang promoter, kata Kapolri.

Syukuran hut ke 68 Polairud di Polda Aceh diwarnai nyanyian dan berbagai hiburan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *