Polisi Humanis

Teuku Adee

Tribratanewsaceh.com – Polisi adalah suatu pranata umum sipil yang menjaga ketertiban, keamanan dan penegakan hukum diseluruh wilayah negara. Kepolisian adalah salah satu lembaga penting yang memainkan tugas utama sebagai penjaga keamanan, ketertiban dan penegakan hukum, sehingga lembaga Kepolisian pastilah ada diseluruh negara berdaulat.

Kadangkala pranata ini bersifat militaristis, seperti di Indonesia sebelum Kepolisian Negara Republik Indonesia (POLRI) dilepas dari ABRI. Polisi dalam lingkungan pengadilan bertugas sebanyak penyidik. Dalam tugasnya dia mencari barang bukti, keterangan keterangan dari berbagai sumber, baik keterangan saksi-saksi maupun keterangan saksi ahli. (Wikipedia)

Selain bertugas menjaga keamanan dan lain-lain, ada pula Polisi yang bertugas menjaga ketertiban lalu lintas yang akhir-akhir iniĀ  banyak sekali kita saksikan berita-berita Polisi yang bertugas dan mendapat perlakuan kurang baik dari masyarakat. Menariknya Polisi masa kini memiliki sikap yang baik dan sabar dalam menghadapi tindakan-tindakan tidak terpuji bahkan kasar dan sampai menyerang mereka.

Masih segar dalam ingatan kita saat perayaan tahun baru beberapa waktu yang lalu di Banda Aceh, ada seorang pengemudi mobil dikawasan Kota Banda Aceh yang dengan kasarnya memaki-maki Polisi yang sedang bertugas mengamankan lalu lintas, oknum tersebut tidak diterima saat ditegur karna salah parkir bukannya langsung memindahkan mobilnya, tapi malah balik menantang dan memaki Polisi dengan kalimat-kalimat yang tidak pantas, beruntungnya petugas Polisi tidak menanggapi amarah oknum tersebut, sama halnya dengan yang terjadi di Jakarta beberapa waktu lalu dimana seorang pengemudi mobil yang salah melawan arus tak menerima saat ditegur Polisi, bahkan turun dari mobil menantang Polisi berduel bahkan menyerang Polisi dengan cara menanduknya. Lagi-lagi Polisi kita menunjukkan sikap yang sabar dan tidak mau meladeni oknum tersebut.

Dari dua contoh kasus diatas, dapat kita simpulkan bahwa Polisi Indonesia saat ini telah benar-benar menerapkan konsep Polisi Humanis, yaitu Polisi yang selalu melakukan pelayanan dengan sikap yang baik dan bersahabat dengan masyarakat. Salut untuk para petugas Polisi yang benar-benar telah mempraktekkannya dalam bertugas, sehingga istilah Polisi Humanis tidaklah hanya sekedar slogan.

#BravoPolisi Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *