Polisi Tangkap Pelaku Illegal Loging di Peusangan dan Plimbang

tribratanewsaceh.com – Satreskrim Polres Bireuen berhasil menangkap pelaku Illegal Logging, berinisial SU (46) warga Kecamatan Plimbang, Kamis (29/8) malam.

Dari pelaku disita satu mobil Toyota
Hardtop dan 20 batang kayu jenis rimba campuran.

Dari pengembangan, Satreskrim berhasil menemukan 38 batang kayu gelondongan di pedalaman Kecamatan Peusangan Selatan dan Plimbang, hingga saat ini pemilik masih dalam penyelidikan.

Kapolres Bireuen AKBP Gugun Hardi Gunawan, S.I.K., M.Si. melalu Kasat Reskrim Iptu Rezki Kholiddiansyah, S.I.K., membenarkan penangkapan tersebut saat release dengan wartawan, Senin (9/9)

”Pelaku kami tangkap saat sedang membawa kayu dengan mobil Toyota Hardtop, saat dimintai surat ijin, ternyata tidak ada” jelas Iptu Rezki.

Iptu Rezki menambahkan, Melindungi hutan adalah tanggung jawab kita bersama, untuk tetap terjaga kelestariannya hingga bisa dirasakan oleh anak cucu kita nanti, terangnya.

Mantan Kasatreskrim Polres Aceh Utara tersebut mengharapkan peran serta masyarakat, jika mengetahui tentang illegal logging agar segera melaporkannya.

Untuk Pelaku, melanggar pasal 83 ayat (1) huruf b Undang-­Undang RI Nomor 18 Tahun 13 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Kerusakan Hutan dengan ancaman hukuman 5 tahun, dengan denda paling rendah Rp 500 juta, paling banyak Rp 2,5 miliar.

Kini Pelaku dan barang bukti telah ditahan di Polres Bireuen guna pemeriksaan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *