Polres Aceh Jaya Sumbang 103 Kantong Darah untuk PMI

tribratanewsaceh.com – Untuk menutupi kekurangan stok darah di UTD PMI Banda Aceh, Polres Aceh Jaya melaksanakan donor darah di aula Satlantas Polres Aceh Jaya, Kamis (16/04/2020).

Kapolres Aceh Jaya, AKBP Harlan Amir kepada awak media mengatakan, donor darah yang dilakukan pihaknya sebagai wujud kepedulaian Polri terhadap kebutuhan darah yang selama ini sulit didapatkan PMI akibat wabah virus covid 19.

“Kegiatan ini diintruksi langsung oleh Kapolda Aceh ke Kapolres di seluruh Aceh meminta stok darah di PMI Banda Aceh meningkat, karena para pendonor rutin mereka khawatir dengan COVID – 19,” Harlan Amir di sela-sela kegiatan berlangsung.

Dalam kegiatan social itum kata dia, mereka menargetkan 150 orang pendonor dari berbagai lembaga di Aceh Jaya, yang diperuntukkan bagi anggota Polres, personil Brimob, personil Batalion Kodim 0114 / Aceh Jaya dan juga dari Pemda Aceh Jaya.

“Alhamdulillah kita berhasil mengumpulkan sebanyak 103 kantong darah dari para peserta yang mengikuti donor darah, dan darah yang telah terkumpul diserahkan ke UTD PMI Kota Banda Aceh,” sebutnya.

Harlan berharap, kegiatan ini bisa membantu yang membutuhkan darah baik itu warga Aceh Jaya maupun warga Aceh.

Dalam kegiatan sosial itu, sebelum mendornorkan darah para pendonor lebih dahulu diperiksa kondisi kesehatannya. Seperti dilakukan pengecekan suhu tubuh, timbang berat badan, cek tekanan darah, dan pemeriksaan hemoglobin (HB).

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dalam kegiatan sosial tersebut juga dilakukan pengecekan Standar Oprasional Prosedur (SOP) kesehatan terkait pencegahan penularan covid-19. Untuk semua tenaga kesehatan dan pendonor juga diwajibkan agar menggunakan masker.

Selain hal tersebut, peserta yang ingin mendonorkan darahnya juga diinstruksikan datang secara bergilir untuk mengantisipasi kerumunan. Selain itu, peserta yang menunggu, duduknya juga diatur dan isi jarak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *