Polres Aceh Selatan Mulai Gelar Operasi Patuh Seulawah 2020

tribratanewsaceh.com – Satlantas Polres Aceh Selatan mulai menggelar razia kendaraan dalam operasi patuh Seulawah yang dimulai hari kamis(23/07/20).

Dimulainya Operasi Patuh Seulawah ini dengan ditandai upacara gelar pasukan di Mako Polres Aceh Selatan setempat yang dipimpin Kapolres Aceh Selatan, AKBP Ardanto Nugroho S.I.K.,SH.,MH

Kapolres Aceh Selatan melalui Kasat Lantas AKP Handoko Suseno S.I.K mengatakan razia yang dilaksanakan mulai tanggal 23 juli hingga 5 agustus 2020. Ada beberapa sasaran pelanggaran yang ditindak dalam operasi itu, diantaranya tidak memakai helm SNI dan tidak menggunakan safety belt bagi roda empat.

Selain itu, razia juga ditujukan bagi orang yang mengemudi kendaraan melebihi batas kecepatan, pengaruh alkohol, pengendara dibawah umur serta mengemudikan kendaraan bermotor melawan arus.

Kita juga menyasar pengendara yang menggunakan telepon genggam saat mengemudi motor maupun mobil. Tindakan yang dilakukan dengan tilang.

“Namun, Khusus di Aceh Selatan, kita akan memberlakukan Adaptasi Kebiasan Baru (AKB) atau bisa disebut dengan New Normal, itu juga menjadi sasaran dalam razia kali ini yaitu pengendara wajib menggunakan masker, namun hal itu tidak menjadikan sebagai pelanggaran, hanya disosialisasikan saja,” AKP Handoko

Dilihat dari Data DirlantasPolda Aceh, pelanggaran lalu lintas meningkat dari tahun ke tahun. Dalam tahun 2019 terdapat 72 kejadian jika dibandingkan tahun 2018 terdapat 46 kejadian dengan persentase kenaikan 57 persen.

Sedangkan korban meninggal dunia, terjadi penurunan 39 persen dari 18 orang menjadi 11 orang.

“Sementara 2018 terdapat 9.571 pelanggaran yang diselesaikan dengan tilang sebanyak 7.947 kasus. Angka ini meningkat 37 persen di tahun 2019 yaitu 13.153 pelanggaran dengan 10.869 kasus,” jelasnya.

AKP Handoko juga menyebutkan selain penindakan pelanggar lalu lintas, operasi patuh Seulawah juga menyasar pelanggaran protokol kesehatan yakni pengendara yang tidak memakai masker saat berkendara diluar rumah.

“Jadi untuk operasi tahun ini sebenarnya ada dua tujuan. Pertama meningkatkan kesadaran masyarakat untuk tertib lalulintas, kedua meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menaruh protokol kesehatan. Mereka yang tidak menggunakan masker akan di beri peringatan,” pungkas Kasat Lantas.

Kegiatan pelaksanaan operasi patuh Seulawah 2020 yang terlaksana bersamaan dengan momen pelaksanaan kegiatan hari raya Idul Adha 1441 H.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *