Polres Aceh Tengah Gelar Konfrensi Pers Kasus Karhutla Delapan Hektar

tribratanewsaceh.com – Polres Aceh Tengah Rabu (12/2) pukul 10.30 Wib menggelar Konfrensi pers kasus bakar lahan perkebun di Lancek leweng Kp. Asir Asir kecamatan Lut Tawar dengan tersangka M. Bin Amir.
Konfrensi pers yang dilaksanakan Humas Polres tentang Kasus Pembakaran Lahan kebun di Kp. Asir Asir Gunung Lancuk Leweng sesuai keterangan Kasatreskrim Iptu Agus riwayanto, SIK, M.M dan LP-A/13/II/2020 tanggal 8 Februari 2020, didampingi Kabag Ops Polres Aceh Tengah.
Konfrensi pers kasus pembakaran lahan perkebunan oleh pemilik lahan bernama M. Bin Amir, 41 tahun, Tani, Kp. Asir asir kec. Lut Tawar, menghanguskan lahan kebun Seluas 8 ha.
Menurut keterangan pelaku ketika itu ia berangkat ke lahan kebunnya yang sudah ia tebas sebagian sebelumnya, kemudian untuk memudahkan membersihkan seluruh lahan kebunnya ia mengumpulkan ranting dan daun kering untuk dibakar dengan mancis, spontan saja api membesar apalagi ketika itu sudah masuk tengah hari pukul 12.30 Wib, sehingga api membesar dan tidak dapat dipadamkan lagi serta menghanguskan semua yang ada dilahan tersebut, untuk mempertanggung-jawabkan perbuatannya. Ia pun terbukti melanggar pasal 56 ayat (1) Jo pasal 108 Undang-Undang Republik Indonesia nomor 39 tahun 2014 tentang Perkebunan dengan Pidana penjara selama 10 tahun dan denda paling banyak sepuluh milyar rupiah.

Terhadap tersangka sudah dilakukan penahanan di Rutan Polres Aceh Tengah, serta menyita barang bukti dalam melakukan pembakaran lahan perkebunan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *