Polres Aceh Timur Gelar Apel Kesiapan Penanggulangan Bencana

tribratanewsaceh.com – Menghadapi pergantian musim dari kemarau ke musim penghujan, Polres Aceh Timur menggelar Apel Kesiapan Pasukan Dalam Rangka Pencegahan Dan Penanggulangan Bencana Alam Di Wilkum Polres Aceh Timur, Kamis (12/12/2019).

Apel gelar pasukan bersama instansi terkait ini dipimpin langsung oleh Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, S.I.K,M.H.

Dalam sambutannya, Kapolres mengatakan, Apel ini digelar bertujuan untuk mengecek kesiapan personil dan perlengkapan serta menghimpun kekuatan TNI-Polri, BPBD, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan PMI juga instansi lainnya untuk turut serta berpartisipasi dalam upaya penanggulangan bencana. Kabupaten Aceh Timur sendiri merupakan daerah yang rawan bencana seperti banjir, tanah longssor, angin puting beliung, laka laut dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, amat sangat diperlukan adanya koordinasi dan kerjasama yang baik di semua unsur yang berkaitan dengan penanggulangan bencana, dan saya sangat berharap kepada seluruh Stakeholder yang berkompeten dalam penanggulangan bencana agar meningkatkan terus kualitas penyelenggaraan penanggulangan bencana pengintegrasian seperti penanggulangan bencana disemua lini dari tingkat desa hingga tingkat kabupaten.

Lebih lanjut AKBP Eko Widiantoro menuturkan, untuk membangun kemandirian kita semua dalam penanggulangan bencana tentunya sangat diperlukan edukasi tentang penanggulangan bencana kepada masyarakat sehingga dapat menciptakan masyarakat yang tangguh dalam menghadapi bencana yang akan terjadi.

“Dalam rangka meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam mari kita bersama-sama berdo’a dengan harapan wilayah di Kabupaten Aceh Timur pada musim penghujan ini tidak terjadi bencana alam maupun bencana yang lain.” Imbuhnya.

Mengakhiri sambutanya Kapolres menekankan kepada para kapolsek jajaranya untuk melakukan pendataan kembali desa-desa yang rawan banjir serta lakukan tindakan-tindakan pencegahan dengan mengajak komponen masyarakat yang ada di kecamatan untuk melaksanakan gotong royong bersama membersihkan saluran/drainase yang ada sehingga air akan mudah surut ketika terjadi hujan himbau masyarakat agar peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan yang mengakibatkan penyumbatan saluran yang ada.

“Kesuksesan pencegahan dan penanggulangan bencana alam bukan hanya keberhasilan TNI-Polri semata, namun hal ini adalah kesuksesan kita bersama yang tidak terlepas dari kesiapan masing-masing satuan keterpaduan/sinergitas seluruh stakeholder serta komponen masyarakat terhadap terjadinya potensi bencana alam.” Pungkas Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, S.I.K, M.H.

Usai apel, Kapolres Aceh Timur yang didampingi Kepala BPBD menyebutkan ada bererapa wilayah di Kabupaten Aceh Timur yang rawan terjadinya banjir namun pihaknya sudah mempersiapkan diri mengantisipasi bila musibah itu terjadi dengan mempersiapkan logistic bantuan tanggap darurat juga menyiagakan personel yangberjumlah kurang lebih 500 personil terdiri dari 300 personil dari Polri (Polres,Polsek) dan 200 personel dari BPBD.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya; Bupati AcehTimur diwakili Asisten Pemerintahan Setdakab Aceh Timur sekaligus Ketua PMI Aceh Timur Syahrizal Fauzi, S.STP, M.A.P, Dandim 0104/Atim diwakili Danramil 16/Pdw Peudawa Kapten Inf. M. Agung, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Timur Ashadi,S.E,M.M Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Timur diwaikil Kabid LLAJ Zulkifli,S.E, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur dr. H. Zulfikry,M.MKes Kepala Satpol PP/WH Kabupaten Aceh Timur T. Amran, S.E,M.M Wakapolres Aceh Timur Kompol Warosidi, S.H, M.H, Ketua PMI Kabupaten Aceh Timur, Para Kabag, Kasat, Kasubbag, Kasi beserta Perwira Polres Aceh Timur dan Para Kapolsek jajaran Polres Aceh Timur.

Adapun peserta apel terdiri dari; 1 (satu) SST personil TNI, Anggota Polres Aceh Timur dan perwakilan anggota polsek jajaran, 1 (satu) SST personil BPBD Kabupaten Aceh Timur, 1 (satu) SST personil Dinas Perhubungan Kabupaten Aceh Timur, 1 (satu) SST personil Satpol PP/WH Kabupaten Aceh Timur, 1 (satu) SST personil Pemadam Kebakaran Kabupaten Aceh Timur, 1 (satu) regu PMI Kabupaten Aceh Timur dan 1 (satu) regu anggota Pramuka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *