Polres Nagan Raya Gelar Simulasi Sispamkota Pengamanan Pemilu 2019

 Polres Nagan Raya menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) sebagai wujud kesiapan Polri dalam pengamanan berbagai ancaman dan gangguan kamtibmas pada pelaksanaan pesta Demokrasi 2019 mendatang di Alun-alun Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya. Kamis (28/2/19).

Kegiatan Sispamkota ini melibatkan Personel Polres Nagan Raya serta Personel Brimob Subden 3 Den C Pelopor Ujong Patihah dan instansi terkait lainnya, dilakukan sebagai persiapan dalam pengamanan pemilu pileg dan pilpres 2019, di wilayah Kabupaten Nagan Raya.

Kegiatan simulasi yang dipimpin Kabag Ops Polres Nagan Raya Kompol M. Dahlan, S.H., M.H. dihadiri Sekdakab Nagan Raya, para muspida atau yang mewakili, para kadis dan para ketua partai calon legislatif serta para tamu undangan yang turut berhadir di acara tersebut.

Sebelum melaksanakan simulasi sispamkota, Polres Nagan Raya terlebih dahulu melaksanakan Apel persiapan pasukan, sebagai irup Sekdakab Nagan Raya yang mana dalam amanatnya “dengan dilakukan simulasi sispamkota dalam rangka pengamanan pemilu 2019 maka pihaknya dan instansi terkait lainnya, dapat mengerti dan bisa menyiapkan langkah-langkah antisipasi terkait pengamanan pada setiap tahapan-tahapan pemilu 2019 mendatang agar menjadi pemilu yang aman, damai dan sejuk” seperti yang diharapkan.

Ditempat yang lain Kapolres Nagan Raya AKBP Giyarto, S.H., S.IK. melalui Kabag Ops mengatakan “Ada sekitar 10 tahapan di pemilu 2019 ini, dan tentunya disetiap tahapan tersebut kami lakukan simulasi, maka kami bisa menginventarisir setiap kemungkinan yang dapat mengganggu pada setiap tahap-tahapan tersebut. Dalam simulasi ini, juga kami melakukan inventarisir segala kemungkinan yang terjadi hingga pada hal yang terjelek sekalipun, sehingga bisa dilakukan antisipasi agar semua tahapan bisa berjalan dengan aman, damai dan sejuk,” .

Selain menerjunkan ratusan anggota gabungan, sejumlah peralatan pendukung juga disiagakan seperti tim tindak brimob, pasukan anti huru hara kompi brimob, tembakan gas air mata. Terlihat juga satu pleton pengendalian massa (Dalmas) Sabhara Polres Nagan Raya dengan pakaian lengkap untuk mengantisipasi huru-hara dan mobil Water Canon.

Dalam kegiatan simulasi Sispamkota ini berbagai simulasi pengamanan tahap-tahapan pemilu diperagakan. Seperti halnya pendistribusian logistik Pemilu yang disimulasikan sempat mendapat gangguan dan ancaman orang tak dikenal. “Dengan terkoordinasi, cekatan dan sigap dalam sekejap berbagai kekacauan yang terjadi bisa diatasi dengan baik oleh tim pasukan anti huru-hara.

Nagan Raya mempunyai pengalaman yang baik dalam penyelenggaraan Pilkada yang lalu yang dapat dilakukan dengan aman, lancar, damai dan sukses. Berbekal pengamanan itulah, Insya Allah penyelenggaraan pemilu 2019 mendatang juga bisa berjalan dengan aman, lancar, damai dan sukses.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *