Polres Sabang Gelar Upacara Kesadaran Nasional

Tribratanewsaceh.com – Polisi Resort ( Polres ) Sabang Jum’at 17 Januari 2020 melaksanakan kegiatan upacara kesadaran nasional di halaman Mapolres setempat yang diikuti seluruh pejabat Polres, Perwira dan Personil. Upacara kesadaran nasional tersebut dipimpin langsung Kapolres Sabang Ajun Komisaris Besar Polisi ( AKBP ) Muhammadun SH.

Dalam arahannya AKBP Muhammadun menyampaikan sebagai salah satu komponen pemerintahan negara Polri memiliki budaya disiplin dan tradisi organisasi yang wajib, secara terus-menerus dipelihara dalam tatanan kehidupan organisasi. Diantaranya budaya disiplin dan tradisi yang berlaku di Kepolisian Negara Republik Indonesia adalah menyelenggarakan upacara bendera yang hakikatnya merupakan cerminan dan nilai-nilai budaya bangsa sebagai salah satu pancaran peradaban bangsa untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia dan kebesaran sang merah putih, sebagai bendera kebangsaan.

Upacara hari kesadaran nasional yang dilaksanakan pada tanggal 17 Januari setiap tahun merupakan kegiatan rutin, yang dilaksanakan sebagai momentum untuk melatih tanggung jawab, mengukuk jiwa patriot dan menanamkan kembali nilai-nilai nasionalisme pada setiap individu, insan Bhayangkara serta pegawai negeri sipil Polri., Kata Kapolres

Melalui upacara hari kesadaran nasional ini lanjut Kapolres diharapkan setiap aparatur sipil negara (ASN) dilingkungan Polri dapat menyadari bahwa dirinya adalah sebagai pelayan masyarakat yang memiliki peran utama yakni memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat dalam negeri. Hal ini penting dipahami untuk membangun karakter dan jati diri Polri serta memberikan inspirasi dan motivasi bagi peningkatan kinerja yang dilandasi nilai-nilai Tribrata dan catur Prasetya.

Undang-undang nomor 2 tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia telah mengamanahkan bahwa tugas pokok Polri adalah memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, menegakkan hukum serta menjadi pelindung, pengayom dan pelayanan masyarakat. Dalam mengemban tugas pokoknya tersebut, Polri dihadapkan dengan tantangan tugas yang semakin dinamis. Keberadaan Polri sebagai aparat pemerintah dan pelayanan masyarakat dituntut untuk mampu berinovasi dalam mengimbangi perkembangan situasi dan modernitas yang terjadi.

Kepuasan dan moto pelayanan publik menjadi tolak ukur terhadap optimalitas pelayanan tugas dan fungsi kepolisian, dalam era globalisasi dan transparansi saat ini, masyarakat semakin cerdas dan kritis dalam menilai kinerja aparatur pemerintah termasuk dalam kinerja Polri, disamping itu lanjut Muhammadun, masyarakat juga memiliki ekspektasi yang tinggi terhadap pelayanan polri, sehingga dituntut secara cepat merespon semua yang diharapkan masyarakat itu.

Kita sadari bersama. Masih terdapat banyak kekurangan dalam melaksanakan tugas dengan masih adanya keluhan dan kritikan dari masyarakat terhadap berbagai bidang tugas Polri, maka harus kita sikapi dengan hati dan pikiran yang jernih serta dijadikan motivasi bagi seluruh anggota untuk segera mengevaluasi dan introspeksi diri guna pembenahan yang lebih baik dalam rangka mewujudkan Polri yang profesional dan dipercaya masyarakat.

Upaya kehadiran negara pada setiap bidang pelayanan publik telah menjadi prioritas pemerintah, kebijakan Presiden Republik Indonesia yang telah menaruh harapan kepada institusi Polri dalam mewujudkan kondusivitas kamtibnas dalam negeri dan juga telah menjadi program prioritas pimpinan Polri terkait pemantapan Harkamtibnas harus menjadi atensi bagi seluruh Polri., Tutup Kapolres

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *