Polresta Banda Aceh Gelar Aksi Simulasi Pengamanan Pilkada

tribratanewsaceh.com – Polresta Banda Aceh menggelar aksi simulasi pengamanan pilkada untuk Februari mendatang di halaman depan Mapolresta, Selasa (17/1/2017).               Aksi simulasi ini dilakukan untuk langkah mengantisipasi terhadap berbagai ancaman kerusuhan yang munkin saja bisa terjadi sewatu-waktu, mulai dari tahapan kampanye hingga selesai pencoblosan pada 15 Februari.

Dalam simulasi yang berlangsung digambarkan situasi mulai mencekam ketika salah seorang paslon Walikota dari Partai Kuta Raja melakukan kampanye di lapangan terbuka. Lalu, sekelompok massa marah karena menilai program paslon itu tidak benar. Dan akhirnya menyerang paslon tersebut, sehingga aparat Kepolisian langsung datang untuk mengatasi aksi anarkis dari masa tersebut.

polda aceh+gelar+simulasi+ricuh+polresta banda aceh+aksi+polisi+petugasAksi simulasi selanjutnya yaitu, aparat TNI/Polri melakukan kegiatan Patroli gabungan dalam masa minggu tenang menjelang pilkada dan melihat masih adanya alat peraga kampanye yang masih terpasang dan melaporkan hal tersebut ke Panwaslih. Kemudian, Panwaslih menemukan adanya pemberian bingkisan kepada warga di salah satu oleh tim pemenang pasangan calon, lalu Panwaslih membawa tim tersebut ke kantor untuk dimitai keterangan dan diproses sesuai undang-undang.

Selanjutnya, simulasi dilakukan tentang situasi pemilihan di TPS sampai dengan tahapan perhitungan suara. Pada saat Polisi dan PPS mengantarkan kotak suara ke KIP, salah seorang warga menghalangi dan menyerang petugas pengamanan.

Dan simulasi terakhir adalah, penanganan gerakan massa yang melakukan tindakan anarkis yang menolak hasil perhitungan suara dan massa menyerang petugas. Penanganan dilakukan personel Polresta Banda Aceh dengan aturan dan standar pengamanan.

kapolresta Banda aceh sendiri menjelaskan ,”kegiatan simulasi ini bukan hanya sebagai sekedar aksi belaka, melainkan ini upaya kita dalam memberikan rasa aman dan tentram nantinya bagi masyarakat ketika Pilkada berlangsung,” ujar T saladin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *