Proses Pengurusan SIM Rumit ??? Aah Siapa Bilang ???

Tribratanewsaceh.com – Surat Izin Mengemudi atau SIM adalah sebuah benda yang wajib dimiliki oleh setiap pengendara kendaraan bermotor baik roda dua, tiga, empat dan lain lain, namun sayangnya masih banyak masyarakat kita yang masih saja nekat mengendarai kendaraan tanpa memiliki SIM. Banyak sekali alasan yang dikemukakan perihal mengapa mereka tidak mau mengurus Surat Izin Mengemudi tersebut, sibuk lah, tak ada waktu, malas, tidak penting dan alasan yang paling sering diutarakan adalah sulitnya proses pembuatan SIM tersebut. Banyak masyarakat berkata proses pembuatan SIM sangat berbelit belit dan membutuhkan waktu yang lama, belum lagi banyak berhembus cerita miring mengenai calo calo yang meminta biaya tinggi untuk pengurusan membuat Surat Izin Mengemudi.

Padahal faktanya, hal tersebut sama sekali tidak benar. Kita sebagai anggota masyarakat mari berfikir lebih cerdas dan mencari informasi yang benar mengenai proses pembuatan Surat Izin Mengemudi. Hasil penelurusan kami ke Polresta Banda Aceh, proses untuk memperoleh Surat Izin Mengemudi sama sekali tidak sulit dan rumit, bahkan bisa dibilang cukup mudah. Kita sebagai pemohon hanya perlu melengkapi persyaratan fotocopy tanda pengenal dan surat keterangan sehat jasmani dan rohani dari rumah sakit, dan bila persyaratan tersebut sudah ada, kita tinggal mendaftar, membayarkan sejumlah biaya dengan tarif yang resmi tertera selanjutnya tinggal mengikuti serangkaian tes, maka SIM pun dapat diperoleh.

Kabid Humas Polda Aceh Kombespol Goenawan yang ditemui diruang kerjanya mengamini hal tersebut, beliau mengatakan dan berpesan kepada anggota masyarakat untuk berfikir lebih cerdas dan meluangkan sedikit waktu untuk bisa memperoleh atau sekedar memperpanjang Surat Izin Mengemudi, beliau mengatakan “Tidak usah termakan isu isu bahwa mengurus SIM itu rumit dan susah, bahkan sekarang kita juga menyiapkan mobil mobil loket untuk proses pembuatan atau perpanjangan SIM, hal tersebut kita lakukan untuk mempermudah masyarakat yang kadang kadang enggan datang kekantor Polisi, semua proses cepat  dan tidak bertele tele, yang penting siapkan persyaratan yang diminta dan datang langsung, InsyaaAllah petugas kami akan memberikan pelayanan terbaik” tutup Kombespol Goenawan. [Teuku Adee]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *