Safety First, Mari Berkendara Dengan Tertib

Teuku Adee Pengamat Medsos

Tribratanewsaceh.com – Setiap harinya banyak sekali kita baca dan dengar berita tentang kecelakaan lalu lintas, baik itu kendaraan roda dua, empat bahkan juga para pejalan kaki. Banyak pula faktor penyebab kecelakaan tersebut, kondisi kendaraan bisa jadi salah satu penyebab kecelakaan, akan tetapi faktor kelalaian menjadi penyebab paling besar dalam kasus kasus kecelakaan lalulintas yang bisa berakibat luka luka ringan dan berat, korban cacat bahkan  berujung kematian.

Dari fakta diatas, kita sebagai warga masyarakat yang setiap harinya berada dijalan harus lebih hati-hati dan peduli akan keselamatan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Kita harus lebih mentaati rambu rambu aturan lalu lintas lainnya, juga melengkapi dan melakukan pengecekan terhadap kelengkapan kendaraan kita, mengecek tekanan angin pada roda kendaraan, pengecekan rem depan belakang, memastikan lampu-lampu sign dalam keadaan baik dan lain-lain.

Terlebih lagi kita harus menjaga ketertiban dalam berkendara dan juga sikap yang baik dalam berlalu lintas. Contoh paling utama adalah, mulai saat ini, stop merokok, menggunakan ponsel dan mendengarkan musik  saat berkendara,  karena hal itu termasuk dalam tindakan yang tidak wajar dalam berkendara.

Anda bisa terjerat berbagai pasal pelanggaran dalam berkendara, Pasal 283 menyebutkan, Setiap orang yang mengemudi kendaraan bermotor dijalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi dijalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp. 750.000,- (Tujuh Ratus Lima Puluh Ribu Rupiah).

Pasal 106 ayat 1 : Setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor dijalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penuh konsentrasi.

Sanksi Pasal 106 Ayat 1 jo, Pasal 283 UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Pasal pasal mengenai kelalaian dalam berkendara sudah jelas, akibat yang ditimbulkan juga bisa sangat fatal, penulis menghimbau mari kita lebih peduli, mari kita lebih hati hati dalam berkendara, agar kita semua selamat dan aman dalam kegiatan kita sehari hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *