Satgas Saber Pungli Banda Aceh Dikukuhkan

tribratanewsaceh.com – Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Banda Aceh Hasanuddin  mengukuhkan dan mengambil sumpah tim Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli) Banda Aceh di aula balai kota setempat, Kamis (5/01/2016).

Pembentukan Satgas ini berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2016 dan Intruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 700/4277/SJ tanggal 11 November 2016.

Tim Satgas Seber Pungli Banda Aceh seluruhnya berjumlah 43 orang. Walikota Banda Aceh menjabat sebagai pengendali/penanggung jawab, Ketua Pelaksana (Wakapolresta Banda Aceh), Wakil Ketua I (dari Inspektorat), Wakil ketua II (Kasi Intel Kejari), dan Sekretaris (Kabag Sumda Polresta Banda Aceh).

Ketua Pelaksana Tim Saber Pungli Banda Aceh Drs AKBP Sugeng Hadi Sutrisno menyebutkan, Satgas Saber Pungli dapat menjadi mitra strategis dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan akuntabel. “Ini semua demi terwujudnya masyarakat Kota Banda Aceh yang islami, cerdas, damai dan bermartabat,” sebut perwira polisi yang juga Wakapolresta Banda Aceh ini.

Sementara Plt Walikota Banda Aceh Hasanuddin  menjelaskan, Satgas Saber Pungli memiliki empat fungsi, yakni intelijen, pencegahan dan sosialisasi, serta penindakan dan yustisi. “Satgas Saber Pungli juga diberi kewenangan untuk melaksanakan Operasi Tangkap Tangan (OTT),” sebutnya.

Menurut Hasanuddin, ‎Satgas Saber Pungli di Kota Banda Aceh sebenarnya sudah berkerja sebelum pengukuhan. “Tim ini telah mulai melakukan identifikasi kegiatan pungli pada pelayanan pemerintahan, namun sejauh ini belum menemukan kasus-kasus pungutan liar,” paparnya.

Dia berharap, masyarakat dapat terlibat aktif dalam pemberantasan pungli. “Selain dengan cara melaporkan aktivitas pungli kepada Satgas Saber Pungli Kota Banda Aceh, masyarakat juga harus benar-benar menjauhi praktek pungli,” harapnya.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *