Sebanyak 144 Calon Perwira Polri Akhiri Pendidikan di SPN Seulawah

Tribratanewsaceh.com – Sebanyak 144 calon perwira Polri mengakhiri masa Pendidikan Alih Golongan (PAG) dari bintara ke perwira Polri tahun 2016 di Sekolah Polisi Negara (SPN) Seulawah, Aceh Besar, Selasa (20/12/16).

img_0718

Sebanyak 144 calon perwira ini telah mengikuti pelatihan selama satu bulan. Mereka berasal dari Polda Aceh, Polda Sumbar, Polda Riau, dan Polda Metro Jaya. Rencananya, ke-144 calon perwira ini akan dilantik atau disumpah menjadi perwira Polri pekan depan.

Upacara penutupan yang berlangsung di lapangan SPN Seulawah tadi pagi dipimpin langsung oleh Irwasda Polda Aceh, Kombes Pol Darmawan Sutawijaya. Dalam kesempatan tersebut, Kombes Pol Darmawan menyampaikan amanat Kepala Lembaga Pendidikan dan Latihan Polri, Drs. Moechgiyarto, S.H.,M.Hum.

Dalam amanat tersebut, Kombes Pol Darmawan menyebutkan diantaranya yaitu program pendidikan dan pelatihan yang telah diberikan selama satu bulan tersebut merupakan tahapan dan aspek penting sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia Polri yang mampu melakukan perubahan cara berpikir dan kultur ataupun cara pandang dari perilaku negatif menjadi positif serta dari penguasa menjadi pelayan masyarakat.

Dengan demikian sehingga kehidupan sehari-hari mampu menjadi sui tauladan baik dalam sikap penampilan, tutur kata maupun dalam berperilaku dan profesional dalam melaksanakan tugas, sehingga memiliki integritas, dedikasi danetos kerja tinggi, kata Kombes Pol Darmawan.

img_0826

Begitupun juga dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, Kombes Pol Darmawan meminta kepada calon perwira tersebut harus mengedepankan upaya pencegahan dengan mengoptimalkan fungsi pendekatan sosial dan penyuluhan dalam rangka menumbuhkan kesadaran hukum bagi masyarakat.

Dalam menegakkan hukum, saat ini adalah dengan pendekatan non yustisial atau di luar pengadilan khususnya pada kasus-kasus sosial dan tindak pidana ringan, responsif hukum diperankan oleh setiap polti dimana polri segera merespon setiap masalah sekecil apapun sebelum mengarah pada kasus-kasus besar, demikian Kombes Pol Darmawan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: