Sosialisasi Kanker Serviks Dalam Rangka HUT BPJS ke 48

Dalam rangka memperingati hari ulang tahunnya yang ke-48 BPJS bekerja sama dengan Bid Dokkes Polda Aceh melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya Olah Raga bersama, Sosialisasi Kanker serviks (kanker leher rahim) dan cek up Pap’smear kepada ibu-ibu Bhayangkari dan Polwan serta Pns wanita Polda Aceh, Jum’at (29/07/16) di RS Bhayangkara Bid Dokkes Lamteumen Banda Aceh.

IMG_9319

dr. Rajudin, Sp. Og sebagai nara sumber pada sosialisasi ini mengatakan, ” dalam setiap dua menit ada satu orang wanita dari seluruh dunia meninggal akibat kanker serviks”.

“Kanker serviks merupakan tumor ganas yang tumbuh di dalam leher rahin, biasanya menyerang wanita berusia 35 sampai 55 tahun”, Jelas Rajudin.

“Kejadian kanker servik merupakan yang tertinggi di indonesia karena beluam adanya kesadaran , tidak tahu bahayanya, tidak tahu gejala dan malu berkonsultasi, kata dokter.

“Penyebab terjadi nya kanker ini  99,7 % akibat virus human papiloma (HPV) Okegenik yang sangat beresiko tinggi, kanker ini terjadi jika sel-sel serviks tumbuh menjadi tidak normal dan tidak terkendali, jika sel ini terus tumbuh akan terbentuk suatu masa jaringan yang disebut tumor yang bisa bersifat jinak atau ganas”, jelas dr. rajudin.

“Melakukan Pap’smear secara teratur adalah suatu pemeriksaan mikroskopik terhadap sel-sel yang diperoleh dari usapan serviks merupakan salah satu upaya pencegahan terserang kanker ini”, Ujar dokter spesialis ini.

Selanjutnya setelah selesai melaksanakan sosialisasi, para peserta melanjutkan dengan pemeriksaan Pap’smear di ruangan Poli Klinik Bid Dokkes.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: