Spam, dan Kiat Mengatasinya

Exif_JPEG_420

Mukmin (Pakar IT)

Spam atau bisa juga disebut junk mail adalah penyalahgunaan pesan elektronik yang terkirim secara masal berupa berita iklan atau keperluan lainnya. Umumnya, spam menampilkan berita bertubi-tubi tanpa diminta atau seringkali masuk pada email tanpa dikehendaki oleh penerimanya.

Bila hal ini terjadi setiap waktu, tentu spam dapat menimbulkan ketidaknyamanan bagi para pengguna website dan email. Sedangkan orang yang menciptakan spam elektronik disebut spammers.

Berikut kita mengatasi spam :

1. Jangan daftarkan email utama
Jangan ikutkan atau daftarkan email utama pada situs website seperti newsgroups, mailing list, newsletter atau chat room. Spammers akan menggunakan aplikasi yang bekerja 24 jam dan masuk ke dalam group-group atau mailing list dan mencari alamat-alamat email. Jika anda terpaksa harus mendaftar menggunakan email utama maka tuliskan email dengan kata-kata, misal: dodi@gmail.com menjadi dodi at gmail dot com.

2. Jangan berikan alamat email kepada sembarang orang
Berikan alamat email kepada orang atau teman yang anda kenal dan anda percayai saja.

3. Gunakan nama khusus
Dalam membuat email gunakan nama disertai dengan angka atau karakter khusus yang mudah dihafal. Jangan gunakan nama-nama umum atau kata-kata umum dalam pembuatan email. Karena spammer memiliki program yang bisa memasukkan nama-nama umum atau kata-kata umum ke dalam database program mereka.

4. Install Antivirus
Pasang antivirus di komputer yang update dan aktifkan firewall. File email sering kali membawa spam yang di dalamnya terdapat virus, trojan, worm dan lain-lain.

5. Hati-hati berbelanja online
Hanya berbelanja online di website yang memiliki reputasi baik dan aman. Jika anda ragu terhadap sistem transaksi pada website online tersebut, maka urungkan niat berbelanja anda dan carilah website toko online lain yang menurut anda dapat dipercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *