Tanah Longsor di Perbatasan Abdya-Gayo Lues

tribratanewsaceh.com – Bencana Alam Tanah Longsor di Jalan Provinsi Abdya-Terangon Desa Persada Tongra Kecamatan Terangun Kabupaten Gayo Lues dikarenakan hujan deras yang mengakibatkan badan jalan tertutup material tanah dan kayu tepatnya di Jalan Pendakian Kayu Kisit Desa Persada Tongra yang diperkirakan jarak antara Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus (Covid-19) Perbatasan di Jalan Provinsi Abdya-Terangun ke TKP tanah longsor tersebut berjarak ± 2-3 Km.

Seterima informasi yang didapat oleh Kapolres Gayo Lues AKBP Rudi Setiawan,S.I.K.,M.Si dari Kapolsek Terangun IPDA Darwandi pada Pukul 20.00 Wib Sabtu (09/05/2020), dengan sigap Kapolres Gayo Lues AKBP Rudi Setiawan,S.I.K.,M.Si, Wakapolres Kompol Andiyano, SKM dan Kaurbinops Satlantas IPDA Syamsuddin, SH mendatangi TKP Longsor tersebut dengan menggunakan mobil Dinas pada malam itu.

Tidak kenal lelah, Kapolres Gayo Lues langsung tinjau lokasi tanah longsor tersebut dengan berkoordinasi dengan pihak terkait.

Kapolres Gayo Lues AKBP Rudi Setiawan, S.I.K, M.Si melalui Kasat Sabhara IPTU Edward Lumban Tobing mengatakan “Panjang longsoran tersebut diperkirakan sepanjang ± 20 M dengan tinggi ± 6 M dan lebar ± 7 M badan jalan, untuk sementara di lokasi masih terjadi longsoran kecil di tempat kejadian sehingga untuk sementara akses jalan tidak bisa di lalui baik kendaraan roda 2 (dua) maupun roda 4 (empat)”. Kata Kasat Sabhara.

Ditambahkan Kasat Sabhara bahwa Sekira pukul 21.55 WIB, Kapolsek Terangun, anggota Koramil 01/TRG dan Personel Satgas Covid-19 Persada Tongra Kecamatan Terangun Kabupaten Gayo Lues, melakukan pengecekan ke lokasi longsoran dan untuk mengantisipasi apabila kembali terjadi hujan deras yang dapat mengakibatkan turunnya tanah longsor kembali kemudian pada pukul 24.00 WIB, Kapolres Gayo Lues beserta rombongan melaksanakan pengecekan
Langsung ke lokasi longsor tersebut, tambahnya.

Bahwa setelah mengecek ke lokasi kejadian tidak memungkinkan pembersihan material Longsoran dilakukan malam itu juga, mengigat kondisi tanah yang tidak labil di tambah jalan yang mendaki, dan cuaca gerimis sehingga membahayakan untuk membersihkan material longsoran dilakukan pada esok hari dan akan segera berkordinasi dengan pihak terkait di Kabupaten Gayo Lues.

Pada Pukul 13.00 WIB, Kasat Sabhara beserta anggota, Personel Sat Lantas, Personel Brimob, Anggota Koramil langsung datangi TKP untuk kegiatan membantu pembersihan Material tanah longsor tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *