Tim Puslitbang Polri ke Aceh, Lima Polres Ini Jadi Pilihan Sasaran Penelitian

tribratanewsaceh.com – Tim Puslitbang Polri melaksanakan penelitian tentang Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kinerja Polri di daerah hukum Polda Aceh dan jajaran nya.

Kegiatan penelitian ini dipimpin Kombes Pol Drs. Dadang Suwondo selaku Ketua Tim Peneliti, Pembina Utama Prof. Dr. Lili Romli selaku Konsultan serta Pembina Budi Triyanto dan AKP Welly Apriana, S.Kom.

Tujuan penelitian dimaksud adalah untuk melihat tingkat kepercayaan masyarakat terhadap 5 fungsi layanan kepolisian yaitu: fungsi Lalu Lintas, Reserse, Intel, Binmas dan Sabhara.

Dalam penelitian masih menggunakan 5 indikator pengungkit layanan yang dilihat yaitu: Bukti langsung (tangibles), Keandalan (reliability), Daya tanggap (responsiveness), Jaminan (asurance) dan Kesesuaian (conformance), dan ditambah satu indikator yaitu indikator reward terkait dengan kesejahteraan anggota berupa kenaikan gaji dan peningkatan sarana dan prasarana.

Adapun sasaran dari penelitian ini adalah masyarakat yang berada di daerah hukum Polda Aceh dan jajaran dengan sampel penelitian masyarakat di daerah hukum:
1. Polres Aceh Jaya;
2. Polres Aceh Barat;
3. Polres Nagan Raya;
4. Polres Aceh Barat Daya; dan
5. Polres Aceh Selatan.

Penelitian dilakukan dengan cara menyebar kuesioner kepada masyarakat pada umumnya. Selain respoden masyarakat kegiatan penelitian juga melaksanakan FGD dengan Kapolres atau yang mewakili, para kabag dan kasat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *