Tips Aman Menggunakan Email

Exif_JPEG_420

Mukmin (Pakar IT)

Email merupakan salah satu layanan penting yang ada di internet. Email ada hubungannya dengan internet, ketika pertama kali seseorang mengenal internet maka fitur awal yang akan dibahas adalah fitur email. Karena email salah satu layanan yang bermanfaat untuk menerima dan mengirim data.

Disamping itu layanan email juga penting dalam hal pengamanannya, kenapa? dapat dibayangkan ketika akun email kita di akses tanpa izin oleh orang lain dan di dalamnya terdapat data-data penting.

Beberapa layanan penyedia email gratis yang paling populer saat ini diantaranya Yahoo dan Gmail. Kedua penyedia layanan email ini sudah sangat berpengalaman dalam hal email security dengan menggunakan protokol HTTPs untuk mengamankan data email super aman.

Berikut tips menggunakan email:
1. Scan File Attachment
Biasanya file yang diattach (lampiran) sering terinfeksi virus, maka berhati-hatilah saat membuka file lampiran ini. Biarkan antivirus menscan secara otomatis pada file lampiran sebelum anda mengklik untuk membukanya.

2. Identitas Pribadi
Amankan identitas pribadi anda. Jika ada email masuk meminta tentang informasi pribadi seperti nomor kartu kredit, informasi bank atau informasi lainnya, pastikan anda mempercayainya dan pastikan sistem transaksinya aman. Jika ragu-ragu, lebih baik diabaikan saja.

3. Link-link mencurigakan
Hati-hati terhadap link-link yang masuk pada email anda. Link yang masuk email bisa saja bagian dari penipuan atau spam yang bisa merugikan anda. Untuk itu cari informasi yang cukup mengenai si pengirim link tersebut.

4. Password
Gunakan password yang kuat dengan menggunakan beragam karakter agar tidak mudah dibobol. Dan hindari menggunakan tanggal lahir, nama anda, nama anak anda untuk dijadikan password email. Jika perlu ganti password secara berkala.

5. Sign out
Setiap kali anda membuka akun email setelah selesai pastikan bahwa anda telah melakukan sign out. Hal ini untuk mencegah dari penyusup yang dengan keahliannya bisa mengakses email anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *