Tips Menjaga Kartu Kredit Tetap Aman

Exif_JPEG_420

Mukmin (Pakar IT)

Penipuan kartu kredit akhir-akhir ini marak terjadi, karena kartu kredit dapat digunakan untuk membeli barang-barang mahal dan cara menggunakannya pun terbilang mudah. Oleh sebab tersebut, anda harus tetap waspada dan menjaga kartu kredit agar tetap aman.

Terdapat banyak sekali penipuan kartu kredit saat ini, diantaranya skimming. Proses penipuan dengan cara skimming biasanya terjadi dilakukan oleh oknum ketika bertransaksi saat berbelanja. Dalam menjalankan aksinya, oknum tersebut menggesekkan kartu kredit anda pada mesin yang sudah dilengkapi alat skimmer. Cara seperti ini memungkinkan pelaku mendapatkan informasi pribadi yang ada pada kartu kredit anda dan menggunakan sesuka hatinya.

Berikut beberapa tips menjaga agar kartu kredit anda tetap aman.

1. Hati-hati saat bertransaksi
Tingkatkan kewaspadaan anda saat bertransaksi, karena proses digesek itulah saat-saat dimana proses penipuan sering terjadi. Ikuti setiap proses transaksi dengan teliti. Jangan biarkan orang lain membawa dan menggunakan kartu kredit anda tanpa sepengetahuan anda.

2. Simpan informasi kartu kredit anda
Berhati-hatilah saat berbelanja online menggunakan kartu kredit. Biasa toko online meminta anda untuk mengirimkan atau memasukan data kartu kredit untuk melakukan pembayaran. Pastikan anda mempercayai toko online sebelum anda melakukan transaksi pembayaran.

3. Teliti membayar tagihan
Setiap bulannya anda akan mendapatkan tagihan kartu kredit sesuai transaksi yang dilakukan selama sebulan. Terkadang karena kesibukannya banyak orang tidak mau repot mengecek tagihan sehingga langsung saja membayar tanpa dicek terlebih dahulu. Telitilah daftar tagihan kartu kredit untuk menghindari tagihan-tagihan yang mencurigakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *